PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA

Muh Ulin Niam, NIM.: 14230029 (2020) PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA)
14230029_bab I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA)
14230029_bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran pesantren dalam kehidupan masyarakat saat ini semakin terlihat. Selain meningkatkan ke-ilmuan agama, pada era modern saat ini pesantren juga mulai meningkatkan kemampuan pada bidang umum dan juga pada bidang sosial, sebagai contoh adalah mengembangkan kemampuan wirausaha untuk para santri. Saat ini sudah mulai banyak ditemui pondok pesantren yang mulai melakukan kegiatan wirausaha dengan menjadikan santrinya sebagai pelaku utama. Kegiatan kewirausahaan ini ditunjukkan agar nantinya santri memiliki bekal pengalaman bekerja yang baik untuk menyongsong kehidupan bermasyarakat ketika lulus kelak. Seperti yang dilakukan pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta, dimana pesantren memiliki peran yang besar dalam meningkatkan kemampuan wirausaha santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo, Yogyakarta dalam mengembangkan kemampuan wirausaha santri, menganalisis faktor pendukung dan pengahambat yang ada, serta menjelaskan manfaat wirausaha bagi kehidupan santri pondok pesantren Al- Luqmaniyyah, Umbulharjo, Yogyakarta. Dalam menjawab tujuan penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan berdasarkan kriteria yang sesuai, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi, dimana data dikumpulkan, direduksi, disajikan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran pesantren dalam proses pembentukan kegiatan kewirausahaan, mulai dari awal munculnya kegiatan kewirausahaan yang ada, proses pemilihan atau penempatan santri,yang ditunjukan untuk mendapatkan hasil usaha dan pengalaman bekerja santri yang maksimal. Selanjutnya adalah menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan kewirausahaan, hal ini menjadi penting karena dengan mengetahui faktor yang dapat mendukung serta faktor yang dapat mengahambat kegiatan wirausaha, pondok dapat mengatasi permasalahan yang ada, seperti keterbatasan waktu yang dimiliki santri, maka dapat diambil solusi untuk pegawai atau dalam istilah pesantren disebut santri ngabdi diambil dari santri yang materi pelajaran pesantren sudah selesai. Selain itu manfaat yang diberikan dengan adanya kegiatan wirausaha yang ada kepada masyarakat pondok pesantren Al- Luqmaniyyah adalah dengan adanya kegiatan wirausaha ini mulai muncul para santri yang berwirausaha secara mandiri yang artinya lepas dari naungan pondok pesantren. Usaha yang dijalankanpun bermacam-macam, mulai dari usaha penyewaan peralatan mendaki, usaha kerajinan kulit, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan manfaat yang didapatkan dari kegiatan wirausaha yang dijalankan pondok pesantren Al- Luqmaniyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Abu Suhud, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran, Pesantren, Kemampuan Wirausaha
Subjects: Masyarakat Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sherly Dwi Agustin
Date Deposited: 18 Apr 2022 13:47
Last Modified: 18 Apr 2022 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum