PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN (Studi Kasus: Pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur)

Asasul Ilmi, NIM. 17108010027 (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN (Studi Kasus: Pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN (Studi Kasus: Pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur) SKIRPSI)
17108010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN (Studi Kasus: Pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur) SKIRPSI)
17108010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan seorang santri tak lain dengan kekreatifitasanya dalam segala hal salah satunya adalah dalam hal mengatur pemberdayaan ekonomi pesantren. Dengan mempunyai niat jiwa kewirausahaan dan dukungan dari lingkungan pesantren tentunya bisa sedikit mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian santri, jiwa kewirausahaan santri dan lingkungan keluarga terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren di pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Data diambil menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah santri, mahasantri dan alumni pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur yang berjumlah 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Analisis ini dilakukan untuk menjelaskan pengaruh atau hubungan antara variabel independent (kemandirian santri, jiwa kewirausahaan santri dan Lingkungan Pesantren) dan variabel dependen (pemberdayaan ekonomi pesantren). Berdasarkan Uji-F, penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan dan satu variabel menunjukan tidak signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren di pondok Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur. Sedangkan berdasarkan Uji-T, hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian santri terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren (2) Terdapat pengaruh positif dan dan tidak signifikan jiwa kewirausahaan santri terhadap pemberdayaan ekonomi (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan pesantren terhadap pemberdayaan ekonomi pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Qoyyum, SEI, M.Sc.Fin.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Santri, Jiwa Kewirausahaan Santri, Lingkungan Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2022 11:17
Last Modified: 01 Apr 2022 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum