PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA SOSIAL-KEMASYARAKATAN ISLAM (STUDI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PETANI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN PERTANIAN NAHDLATUL ULAMA D.I.YOGYAKARTA 2019)

Adib Rofiuddin Basori, NIM.: 14240024 (2020) PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA SOSIAL-KEMASYARAKATAN ISLAM (STUDI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PETANI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN PERTANIAN NAHDLATUL ULAMA D.I.YOGYAKARTA 2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA SOSIAL-KEMASYARAKATAN ISLAM (STUDI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PETANI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN PERTANIAN NAHDLATUL ULAMA D.I.YOGYAKAPELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA RTA 2019))
14240024-BAB-1-BAB 1-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA SOSIAL-KEMASYARAKATAN ISLAM (STUDI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PETANI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN PERTANIAN NAHDLATUL ULAMA D.I.YOGYAKARTA 2019))
14240024-BAB-II-DAN-BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adib Rofiuddin Basori, (14240024). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Sosial-kemasyarakatan Islam (studi pelatihan dan pengambangan petani di Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama D.I. Yogyakarta tahun 2019). Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sektor pertanian masih menjadi sektor penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Pentingnya pengembangan SDM bagi petani menjadi syarat untuk pembangunan pertanian yang lebih baik. Dalam hal ini berupa pengetahuan, skill, keterampilan dan sikap petani. Oleh karena itu, peneliti tertarik melihat aspek pelatihan dan pengembangan SDM yang dilakukan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) D.I. Yogyakarta yang telah aktif membangun dan menggerakkan masyarakat dalam mengembangkan pertanian di Yogyakarta. Penelitian ini berdasar pada salah satu proses manajemen sumber daya manusia yaitu pelatihan dan pengembangan, dengan batasan manajemen pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Penulis mencoba menganalisis pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (petani) di Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama D.I. Yogyakarta. Melalui sebuah penelitian yang berjudul Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Sosial-kemasyarakatan Islam (Studi Pembinaan Petani di Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama D.I. Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan SDM petani yang dilakukan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) D.I. Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) di LPPNU D.I. Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendeketan deskriptif kualitatif. Sumber data primer di peroleh dari pihak ketua LPPNU D.I. Yogyakarta, pengurus PWNU DIY dan petani. Sumber data skunder di peroleh dari literatur yang relevan dengan masalah penelitian. Metode pengumpulan data di lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, terkait tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh LPPNU dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan, yaitu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan, menentukan tujuan dan sasaran, menetapkan metode dan kriteria keberhasilan, implementasi program dan evaluasi program. Kedua, metode yang digunakan oleh LPPNU adalah metode ceramah, diskusi atau konferensi, tanya jawab, dan metode praktek atau metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Toriq Nurmadiansyah, S.Sos. M.SI
Uncontrolled Keywords: Pelatihan dan Pengembangan, Petani, Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU)
Subjects: Manajemen Dakwah
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Seminar dan Pelatihan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sherly Dwi Agustin
Date Deposited: 18 Apr 2022 14:06
Last Modified: 18 Apr 2022 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum