EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

ANIS FARIDAH, NIM. 15600038 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600038_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Koneksi matematis merupakan standar yang sangat penting untuk dikembangkan pada diri siswa, sebab ketika siswa dapat mengoneksikan ide-ide matematik, mereka akan memahami matematika secara lebih dalam dan lebih lama serta pandangan mereka akan berkembang yaitu menjadikan matematika sebagai suatu keseluruhan yang utuh (NCTM, 2000). Sementara itu, disposisi matematis merupakan faktor utama dalam menentukan kesuksesan pendidikan matematika (Kilpatrick dkk, 2001). Model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan talking stick menjadi alternatif model dalam pembelajaran matematika yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis (Sritresna, 2015). Selain itu, MID dengan talking stick dapat memfasilitasi diposisi matematis siswa (Penu, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group desain. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran MID dengan talking stick serta variabel terikat yaitu koneksi matematis dan disposisi matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan berupa penerapan model MID dengan talking stick. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan koneksi matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik yaitu uji-t untuk data yang berdistribusi normal serta menggunakan statistik nonparametrik yaitu Mann Whitney untuk data yang tidak berdistribusi normal. Analisis data dilakukan dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Selain itu, penerapan model MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Meaningful Instructional Design (MID), Talking Stick, Kemampuan Koneksi Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Apr 2022 10:17
Last Modified: 04 Apr 2022 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum