KEANEKARAGAMAN SERANGGA ORDO COLEOPTERA DAN PERANANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN CANGKRINGAN

Brigita Dilla Lorensari, NIM. 15640017 (2020) KEANEKARAGAMAN SERANGGA ORDO COLEOPTERA DAN PERANANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN CANGKRINGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN SERANGGA ORDO COLEOPTERA DAN PERANANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN CANGKRINGAN)
15640017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN SERANGGA ORDO COLEOPTERA DAN PERANANNYA PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN CANGKRINGAN)
15640017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Serangga Ordo Coleoptera merugikan bagi tumbuhan karena memiliki status fungsi sebagai hama dan predator pada salah satu tanaman holtikultura yaitu tanaman cabai rawit. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbandingan jumlah dan jenis Ordo Coleoptera pada tanaman cabai rawit Capsicum Frutescens L. pada fase perbungaan dan fase perbuahan di Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan, mempelajari peranan dan status Ordo Coleoptera pada tanaman cabai rawit Capsicum Frutescens L. pada fase perbungaan dan fase perbuahan di Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan, dan mempelajari hasil perbandingan serangga Ordo Coleoptera pada fase persemaian, fase perbungaan dan fase berbuah pada tanaman cabai rawit Capsicum Frutescens L. di Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan bantuan blok, teknik yang digunakan yaitu teknik Pitfall trap, Yellow trap dan Lamp trap, pengamatan dilakukan 3 kali ulangan di setiap fase persemaian, fase perbungaan, dan fase berbuah. Hasil dari penelitian memperoleh jumlah dan jenis coleoptera tertinggi pada Yellow trap sebanyak 14 individu pada fase berbuah. Jumlah dan jenis coleoptera tertinggi pada fase berbuah sebanyak 28 individu. Status fungsi pada tanaman cabai rawit terdapat banyak hama dan predator. Kesimpulan dari penelitian memperoleh 6 spesies dan 44 individu meliputi 36 individu dari family Conccinelidae dan 8 individu dari famili Chrysomelidae. Status fungsi menunjukan bahwa terdapat banyak hama dan predator. Serangga paling banyak ditemukan adalah Concinella transversallis Fabricius dan pada fase berbuah sebanyak 32 individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah S.Si., M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Cabai rawit, Coleoptera, Lamp trap, Pitfall trap, Yellow Trap.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Apr 2022 10:48
Last Modified: 04 Apr 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum