PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MAN 3 BANTUL

Hani Fildzah Rusydina, NIM.: 15680056 (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
15680056_BAB I_BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
15680056_BAB II SAMPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengembangan E-modul berbasis mind mapping pada materi pokok sistem sirkulasi kelas XI di MAN 3 Bantul, (2) mengetahui kualitas e-Modul berbasis mind mapping pada materi pokok sistem sirkulasi kelas XI di MAN 3 Bantul, (3) mengetahui respon siswa kelas XI MAN 3 Bantul terhadap e-modul berbasis mind mapping pada materi pokok sistem sirkulasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Subjek pada penelitian ini meliputi 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer,1 guru bilogi dan 15 orang siswa. Objek penelitian ini berupa E-Modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas E-Modul meliputi lembar penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan angket respon siswa terhadap penggunaan E-Modul. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa : (1) pengembangan e-modul berbasis mind mapping pada materi sistem sirkulasi ini adalah mengembangkan e-modul berbasis smartphone dengan beberapa spesifikasi diantaranya yaitu menampilkan mind map pada setiap kegiatan belajar, memberikan latihan pembuatan mind map (mind mapping) pada kegiatan mandiri siswa, menyisipkan beberapa video bioproses sistem sirkulasi dalam tubuh manusia dan menambahkan uji kompetensi pada setiap kegiatan belajar serta evaluasi akhir materi pembelajaran, (2) kualitas e-modul berbasis Mind mapping sebagai bahan ajar pada materi sistem sirkulasi pada manusia termasuk kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan sebesar 91,43%, (3) respon siswa terhadap e-modul biologi memperoleh hasil persentase 87,82% yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas e-modul yang dikembangan dapat dikatakan mempunyai kualitas yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Firausi, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: e-modul biologi; kegiatan belajar; bahan ajar; sistem sirkulasi manusia
Subjects: Ekologi Manusia
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Apr 2022 13:46
Last Modified: 04 Apr 2022 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum