STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA BINAUL UMMAH PLERET BANTUL

Finna Qurrotul’aini, NIM.: 21104010056 (2025) STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA BINAUL UMMAH PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA BINAUL UMMAH PLERET BANTUL)
21104010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA BINAUL UMMAH PLERET BANTUL)
21104010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran di lingkungan pesantren, khususnya di MA Binaul Ummah untuk menghadapi tantangan keberagaman sosial, agama, dan budaya di masyarakat. Pesantren seringkali memiliki keterbatasan dalam memberikan pengalaman langsung kepada siswa terkait realitas keberagaman di luar lingkungan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran akidah akhlas kelas X melalui strategi experiential learning, nilai-nilai yang ditanamkan, kendala yang dihadapi guru, dan aktualisasinya yang ada pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian di MA Binaul Ummah Pleret Bantul, dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan 4 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang nilai-nilai moderasi beragama, strategi experiential learning dalam pembelajaran, kendala yang dihadapi guru, dan aktualisasinya pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan pada mata pelajaran akidah akhlak antara lain: nilai at-tawasuṭ, tasāmuh, i’tidāl, asy-syūrā, al-iṣlāh, dan al-la‘unf. 2. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui strategi experiential learning dilakukan hanya pada pembelajaran akidah akhlak dengan model studi kasus dan tidak memiliki kebijakan atau program khusus. 3. Kendala yang dihadapi guru yaitu keterbatasan waktu pembelajaran, terbatasnya fasilitas dan sarana pendukung, kondisi pembelajaran yang belum ideal, dan minimnya pelatihan bagi guru terkait strategi experiential learning. 4. Aktualisasi nilai-nilai moderasi beragama ini terlihat dalam sikap dan perilaku siswa di lingkungan madrasah maupun pesantren, khususnya dalam interaksi sosial antarsiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: experiential learning; moderasi beragama; akidah akhlak
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya (Moderasi Beragama)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 19 Apr 2022 13:54
Last Modified: 11 Aug 2025 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum