PENERAPAN METODE KETELADANAN PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN MASJID TAQORRUB WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA 2024/2025

Gilang Wahyu Nurjati, NIM.: 21104010057) (2025) PENERAPAN METODE KETELADANAN PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN MASJID TAQORRUB WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN MASJID TAQORRUB WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA 2024/2025)
21104010057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN MASJID TAQORRUB WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA 2024/2025)
21104010057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan aspek fundamental dalam pembentukan karakter individu, terutama dalam lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode keteladanan baik penerapan, faktor pendukung dan tantangan, serta dampaknya dalam pendidikan akhlak di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Masjid Taqorrub Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode keteladanan diterapkan melalui contoh nyata yang diberikan oleh para pendidik, baik dalam perilaku, tutur kata, maupun sikap terhadap santri. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi peran pendidik/ustaz sebagai teladan, koordinasi dengan wali santri, serta lingkungan pembelajaran yang kondusif. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti kurangnya kesadaran sebagian masyarakat wali santri dalam melanjutkan pendidikan akhlak di rumah. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode keteladanan di TPA Masjid Taqorrub terbukti cukup efektif dalam membantu membentuk dan mengembangkan karakter para santri. Namun demikian, untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dan berkelanjutan, dibutuhkan adanya kerja sama yang harmonis dan sinergis antara para pendidik/ustaz, orang tua santri, serta lingkungan sosial di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: akhlak; keteladanan; pembelajaran agama
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 19 Apr 2022 13:59
Last Modified: 11 Aug 2025 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum