STRATEGI TAKMIR MASJID DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SANTRI TPA DITENGAH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI MASJID AL-HIDAYAH KALURAHAN SURYODININGRATAN KAPANEWON MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Saepul Millah, Nim. 17107020063 (2022) STRATEGI TAKMIR MASJID DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SANTRI TPA DITENGAH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI MASJID AL-HIDAYAH KALURAHAN SURYODININGRATAN KAPANEWON MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI TAKMIR MASJID DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SANTRI TPA DITENGAH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI MASJID AL-HIDAYAH KALURAHAN SURYODININGRATAN KAPANEWON MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
17107020063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI TAKMIR MASJID DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SANTRI TPA DITENGAH SITUASI PANDEMI COVID 19 DI MASJID AL-HIDAYAH KALURAHAN SURYODININGRATAN KAPANEWON MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
17107020063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masa Pandemi tidak menyurutkan semangat santri-santri TPA Al-Hidayah untuk lebih mengasah ilmu agama. Tidak luput dari peran para ustadzah dan takmir Masjid Al-Hidayah untuk berani mengambil resiko agar santri-santri TPA tetap mengaji dan tetap menjaga protokol kesehatan. Memotivasi santri-santri TPA agar tetap semangat dalam mengaji bukan hal yang mudah, butuh ide-ide kreatif agar semangat para santri tidak turun, maka dari itu butuh peran pengajar yang kreatif dan asyik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi takmir masjid dalam menjaga motivasi belajar santri TPA ditengah situasi pandemi covid 19 di di Masjid Al-Hidayah Kalurahan Suryodiningratan Kapanewon Mantrijeron Kota Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data yang digunakan dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Takmir Masjid Al-Hidayah memiliki strategi untuk memotivasi santri-santri TPA agar tetap semangat mengaji ditengah situasi pandemi covid 19. Melibatkan peran para pengajar sebagai aktor utama untuk memberikan pengaruh baik kepada santri-santri TPA. Disisi lain wali santri sangat mendukung Gerakan-gerakan yang diberikan oleh para ustadzah kepada anak-anaknya agar tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran TPA. Langkah-langkah yang ditempuh yaitu, menciptakan kegiatan belajar yangmenarik dan asyik, pengembangan kreativitas pengajar dan pelibatan wali santri dalam pembelajaran dimasa pandemi. Takmir Masjid Al-Hidayah Menggandeng para Ustadzah dan Wali Santri untuk Mensukseskan Strategi Tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peran, Takmir Masjid, Pendidikan dan Pandemi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Apr 2022 14:14
Last Modified: 06 Apr 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum