PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS ANGGOTA PIMPINAN PUSAT AISYIYAH)

Intan Nurul Karimah, NIM.: 16350006 (2020) PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS ANGGOTA PIMPINAN PUSAT AISYIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS ANGGOTA PIMPINAN PUSAT AISYIYAH))
16350006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS ANGGOTA PIMPINAN PUSAT AISYIYAH))
16350006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-converted.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Sebab itu tidak mungkin sebuah keluarga terbangun dengan sendirinya, tanpa adanya faktor pendukung dari unsur – unsur yang ada selama prosesnya. Terbentuknya sebuah keluarga membawa kepada konsekuensi terhadap masing-masing pihak seperti adanya hak dan kewajiban . Skripsi berjudul “Peran Wanita Karier Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Perspektif Sosiologi Dan Hukum Islam (Studi Kasus Anggota Pimpinan Pusat Aisyiyah)“ ini dilatar belakangi dengan globalisasi yang terus berkembang setiap harinya . Dimana isu – isu tentang kesetaraan gender dan berbagai hal yang bersifat sosial publik muncul untuk menyoroti kaum perempuan khususnya dan laki-laki pada umumnya. Bagaimana akhirnya antara hak dan kewajiban serta pembagian tugas dalam keluarga menjadi topik yang selalu hangat di perbincangkan . Selain karna banyaknya pandangan yang merasa telah hilangnya sakralitas sebuah agama , namun sebab paradigma negatif yang terus bermunculan terhadap kehadiran perempuan dalam berbagai ranah termasuk publik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran wanita karir di kalangan Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam membentuk keluarga sakinah? 2) Bagaimana peran wanita karir di Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam perspektif Sosiologi, Gender dan Hukum Islam? Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan jenis penelitian lapangan ( field research ) yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini adalah fakta yang terjadi di lapangan. Pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang diteliti berdasarkan perspektif Sosiologi, Gender dan Hukum Islam. Subyek penelitian ini adalah wanita – wanita karir yang tergabung dalam Pimpinan Pusat Aisyiyah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara , dokumentasi. Penelitian adalah instrumen utama yang digunakan dalam penelitian dan dengan dibantu oleh pedoman observasi teknis, serta bantuan literatur dalam pemaparan serta penghantar teori . Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan penyusun adalah peran wanita karir anggota Pimpinan Pusat Aisyiyah terletak pada pengaturan waktu yang baik. Kedua narasumber memiliki peran sentral dalam membentuk keluarga sakinah. Seperti, pola komunikasi yang baik, serta pembentukan waktu yang berkualitas, juga keterlibatan anggota keluarga dalam pengambilan keputusan. Adapun dalam perspektif gender dan sosiologi terletak pada pemenuhan peran yang melibatkan seluruh anggota keluarga, serta adanya keseimbangan pemahaman antara suami dan istri. Islam sendiri memperbolehkan wanita untuk berkarir, selama tidak melalaikan hak dan kewajiban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Ermi Suhasti Syafe'i, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Wanita Karier, Keluarga Sakinah, Hukum Islam
Subjects: Hukum Islam
Sosiologi
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 07 Apr 2022 14:14
Last Modified: 07 Apr 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum