PERTUKARAN SOSIAL (SOCIAL EXCHANGE) PADA LAYANAN DELIVERY ORDER DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Intan Winda Oktavia S.IP., NIM.: 18200010032 (2020) PERTUKARAN SOSIAL (SOCIAL EXCHANGE) PADA LAYANAN DELIVERY ORDER DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTUKARAN SOSIAL (SOCIAL EXCHANGE) PADA LAYANAN DELIVERY ORDER DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18200010032_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERTUKARAN SOSIAL (SOCIAL EXCHANGE) PADA LAYANAN DELIVERY ORDER DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18200010032_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada era sekarang, internet merupakan suatu kebutuhan. Masyarakat lebih tertarik menggunakan media internet untuk mencari informasi dari pada harus keluar mencari dan meminjam buku di perpustakaan. Perpustakaan dituntut kreatif dan inovatif mengembangkan ide-ide untuk menjadikan perpustakaan tetap menarik. Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY mulai membuat inovasi baru berupa layanan delivery order atau pesan antar. Pada layanan di perpustakaan, terjadi pertukaran sosial. Dalam pertukaran sosial, masing-masing pihak dapat berkontribusi dan memberikan manfaat langsung. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor adanya layanan delivery order, pelaksanaannya, dan pertukaran sosial yang terjadi pada layanan delivery order di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Metode penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil dari penulisan ini yaitu adanya layanan pesan antar atau delivery order di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY yaitu untuk peningkatan layanan publik dan membantu pemustaka difabel, sebagai inovasi layanan publik, dan membantu kinerja gubernur mengenai program sumber daya manusia. Pemesanan bahan pustaka layanan delivery order melalui website. Kendala dalam pelaksanaan layanan delivery order antara lain kurangnya bahan pustaka, sistem yang terkadang error, dan kurangnya promosi. Pertukaran sosial yang terjadi pada layanan delivery order Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY yaitu pertukaran sosial antara pemustaka dan pustakawan layanan delivery order, pertukaran sosial antara admin/kurir dengan pustakawan koleksi umum, dan pertukaran sosial antara pemustaka dengan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Proposisi yang ditemukan dalam penulisan ini menurut teori pertukaran George Caspar Homans yaitu proposisi sukses, proposisi pendorong atau stimulus, proposisi nilai, proposisi deprivasi-satiasi, dan proposisi rasionalitas. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu perpustakaan menambah koleksi populer dan memperbaiki sistem pada website yang sering gangguan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Layanan Delivery Order, Pertukaran Sosial, Inovasi Layanan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Daerah
Pustakawan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Apr 2022 14:40
Last Modified: 08 Apr 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum