ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG)

Wardah Anggraini, NIM.: 18204030034 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG))
18204030034_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG))
18204030034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang masih didominasi kegiatan penyampaian pengetahuan oleh guru, materi pembelajaran bersifat abstrak, teoritis, akademis, penilaian hanya dilakukan dengan menggunakan tes, dan sumber belajar masih terfokus pada guru dan buku, serta kurang memanfaatkan lingkungan sekitar. Maka dari itu, penting kiranya diterapkan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pengembangan kognitif anak. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik kelas A3 dan B2 serta peserta didik kelas A3 dan B2 serta wali murid. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang telah peneliti peroleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu dengan penyajian data, kemudian reduksi data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini menemukan bahwa dalam proses perencanaan model pembelajaran disusun sesuai dengan panduan kurikulum 2013 dan Kurikulum Aisyiyah Pusat yaitu dengan menentukan program semester, rencana kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian. Perencanaan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut yakni menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, metode pembelajaran dan pemilihan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan beberapa metode yakni metode bernyanyi, metode demonstrasi, metode proyek, metode eksperimen, metode pemberian tugas serta metode bercerita. Seluruh metode tersebut dikemas dalam kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah 1 Pringsewu Lampung yakni jurnal Pagi, kegiatan pembuka, kegiatan inti, istirahat, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran menggunakan daily report yang tertuang kegiatan harian siswa yang merujuk pada perkembangan kognitif yakni tentang mewarnai, percampuran warna, pemecahan masalah dan pengelompokan benda disekitar, asessment middle semester kegiatan pertemuan setiap pertengahan semester yang membahas tentang perkembangan kognitif anak selama kurang lebih 3 bulan, dan semester akhir yakni pelaporan seluruh aspek perkembangan yaitu perkembangan kognitif yang terbagi menjadi tugas ranah penilaian yakni belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis, dan berfikir simbolik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Pengembangan Kognitif, Anak Usia 4-6 Tahun
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Apr 2022 14:56
Last Modified: 08 Apr 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum