MODERASI BERAGAMA DALAM MATERI WALISONGO PADA BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KEMENAG 2016

Rosyid Ridho Pratidinal Jadid, NIM. 13410197 (2020) MODERASI BERAGAMA DALAM MATERI WALISONGO PADA BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KEMENAG 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERASI BERAGAMA DALAM MATERI WALISONGO PADA BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KEMENAG 2016)
13410197_BAB-I_IV-_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODERASI BERAGAMA DALAM MATERI WALISONGO PADA BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KEMENAG 2016)
13410197_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada muatan moderasi beragama dalam Materi Walisongo pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh himbauan Kemenag RI agar lembaga pendidikan madrasah memuat konsep moderasi beragama dalam buku ajar mata pelajaran, dalam hal ini Sejarah Kebudayaan Islam. Terdapat dua sub fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, muatan moderasi beragama dalam Materi Walisongo pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag 2016. Kedua, kelebihan dan kekurangan muatan moderasi beragama dalam Materi Walisongo pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah kepustakaan atau library reseach, lebih tepatnya analisis buku teks. Sumber data primer dalam penelitian yaitu Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI MI terbitan Kemenag RI tahun 2016 Materi Walisongo. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari menelaah, mendeskripsikan, membahas dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Setiap sub-pelajaran materi wali songo dalam buku ajar SKI untuk siswa kelas VI MI terbitan Kemenag RI 2016 memuat indikator-indikator moderasi beragama (komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, akomodatif terhadap budaya lokal), kecuali subpelajaran Sunan Bonang yang tidak memuat indikator komitmen kebangsaan dan sub-pelajaran Sunan Giri yang tidak memuat indikator toleransi. Indikator moderasi beragama dalam materi Walisongo dapat diketahui dengan dua acara. Pertama, secara langsung dari kalimat yang menunjukkan kata indikator tersebut sendiri. Kedua, susunan kalimat materinya sesuai dengan definisi indikator. (2) Kelebihan muatan moderasi beragama dalam materi wali songo pada buku tersebut yaitu terdapat indikator-indikator moderasi beragama yang dimuat dalam kalimat secara langsung dan sesuai definisi dari masing-masing indikator, dan terdapat ilustrasi baik dalam bentuk gambar maupun tulisan, dari bentuk nyata moderasi beragama meskipun tidak seluruhnya ada. Adapun kekurangannya adalah moderasi beragama tidak begitu kentara dimunculkan dalam materi, sehingga Guru tetap harus mengawal siswa dengan sangat teliti dalam memahami maksud moderasi beragama dalam materi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Apr 2022 09:31
Last Modified: 12 Apr 2022 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum