IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP ADAB SISWA DI KELAS IX A MTS N 5 SLEMAN

FAISHAL NURIANA RACHMANSYAH, NIM : 16410059 (2020) IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP ADAB SISWA DI KELAS IX A MTS N 5 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP ADAB SISWA DI KELAS IX A MTS N 5 SLEMAN)
4. 16410059_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP ADAB SISWA DI KELAS IX A MTS N 5 SLEMAN)
5. 16410059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kasus-kasus perkelahian antara seorang siswa dan gurunya yang berawal dari hal kecil, seperti siswa yang tidak terima dinasihati guru karena siswa tersebut merokok atau guru yang menyita handphone siswa karena dimainkan ketika pembelajaran yang sempat viral beberapa waktu lalu. Berkenaan dengan kejadian tersebut yakni siswa yang menunjukan sikap kurang beradab kepada gurunya, ini juga peneliti temukan siswa yang kurang beradab kepada gurunya dengan bersikap gaduh atau tidak mendengarkan guru ketika pembelajaran. Hal ini, peneliti temukan disaat peneliti melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan di MTs N 5 Sleman, peneliti menemukan banyak siswa yang tidak mudah untuk diatur atau dikondisikan agar tertib, akan tetapi ada satu kelas yang bisa dikatakan paling gaduh daripada kelas yang lain dan sebagian guru juga memiliki asumsi yang sama. Tetapi sosok guru ini bisa membuat para siswa pada kelas tersebut tertib dan kondusif dalam pembelajarannya di kelas tersebut yakni pada saat pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX A MTs N 5 Sleman. Menurut peneliti, ini semua dikarenakan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru Akidah Akhlak. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses implementasi kompetensi kepribadian yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak ini, terutama di kelas IX A MTs N 5 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan yang bertujuan menangkap gambaran suatu fenomena, realita, atau peristiwa. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yakni dengan cara mengumpulkan dan menyusun berbagai data, kemudian dilakukan analisis dan mendapat penafsiran terhadap data tersebut. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi kepribadian guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX A MTs N 5 Sleman adalah arif dan bijaksana, demokratis, berwibawa, stabil, jujur, dan sportif yang terlihat dalam pembelajaran di kelas maupun lingkungan sekolah. Dengan kewibawaan yang menjadi sikap utama dalam proses implementasi kompetensi kepribadian tersebut 2) Pengaruh para siswa setelah guru Akidah Akhlak MTs N 5 Sleman mengimplementasikan kompetensi kepribadiaanya adalah para siswa menjadi memiliki adab yang baik di kelas. Dengan pengaruh utamanya pada sikap berwibawa guru Akidah Akhlak MTs N 5 Sleman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kompetensi Kepribadian Guru, Adab Siswa terhadap Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Apr 2022 10:39
Last Modified: 12 Apr 2022 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum