IMPLEMENTASI FIREFLY ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUNTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (CVRPTW) PADA PENDISTRIBUSIAN BARANG

Riaisah, NIM.: 16610023 (2020) IMPLEMENTASI FIREFLY ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUNTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (CVRPTW) PADA PENDISTRIBUSIAN BARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FIREFLY ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUNTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (CVRPTW) PADA PENDISTRIBUSIAN BARANG)
16610023_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FIREFLY ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUNTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (CVRPTW) PADA PENDISTRIBUSIAN BARANG)
16610023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Distribusi merupakan suatu kegiatan pengiriman barang dari produsen ke konsumen. Suatu pendistribusian pasti menginginkan biaya yang minimum dalam proses pendistribusian barangnya, sehingga produsen perlu mencari strategi untuk tercapainya tujuan tersebut. Untuk memenuhi tujuan tersebut, perlu dicari rute atau jalur transportasi terbaik yang dapat meminimalkan jarak. Permasalahan yang bertujuan untuk membuat suatu rute yang optimal untuk suatu kendaraan agar dapat melayani sejumlah konsumen disebut sebagai Vehicle Rounting Problem (VRP). Salah satu jenis VRP yaitu Capacitated Vehicle Rounting Problem with Time Windows (CVRPTW). CVRPTW merupakan permasalahan perindustrian yang bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen yang dilakukan secara bergantian dengan kendala kapasitas dan waktu pelayanan, sehingga diperoleh suatu rute yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Firefly Algorithm dalam menyelesaikan permasalahan pada CVRPTW. Firefly Algorithm merupakan suatu algoritma yang terinspirasi oleh perilaku dari pola kedip kunang-kunang. Prosedur Firefly Algorithm yaitu menginputkan data dan inisialisasi parameter, membangkitkan populasi awal, mengurutkan populasi awal, menentukan rute CVRPTW dan menghitung fungsi tujuan, menghitung intensitas cahaya setiap kunang-kunang, melakukan movement, menentukan dan update G-Best, dan random movement pada G-Best. Program yang digunakan untuk menyelesaikan CVRPTW dengan menggunakan Firefly Algorithm adalah C++ Programming dan diimplementasikan pada contoh kasus di PD Surabraja Food Industry dengan menggunakan data konsumen sebanyak 38. Sehingga menghasilkan nilai fungsi tujuan yaitu sebesar 229.38 km dan 6.13 jam. Hasil yang diperoleh dari output program menunjukan bahwa semakin banyak kunang-kunang dan jumlah iterasi maka hasil nilai fungsi (total jarak tempuh dan total waktu tempuh) yang diperoleh cenderung lebih baik sehingga parameter tersebut dapat mempengaruhi nilai fungsi tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muchammad Abrori., S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Firefly Algorithm, Industri, Vehicle Rounting Problem, Capacitated Vehicle Rounting Problem with Time Windows
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:03
Last Modified: 13 Apr 2022 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum