TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NUSYUZ SUAMI-ISTRI (ANALISIS PEMIKIRAN SAYYID QUTB DALAM TAFSIR FI ZILALIL QUR`AN )

Busran Qadri, NIM.: 16350021 (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NUSYUZ SUAMI-ISTRI (ANALISIS PEMIKIRAN SAYYID QUTB DALAM TAFSIR FI ZILALIL QUR`AN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NUSYUZ SUAMI-ISTRI (ANALISIS PEMIKIRAN SAYYID QUTB DALAM TAFSIR FI ZILALIL QUR`AN ))
16350021_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NUSYUZ SUAMI-ISTRI (ANALISIS PEMIKIRAN SAYYID QUTB DALAM TAFSIR FI ZILALIL QUR`AN ))
16350021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Membangun rumah tangga ibarat berlayar di tengah lautan. Tak ada kapal yang tak dihantam gelombang, tak ada keluarga yang tak memiliki masalah, baik masalah kecil (beda pendapat) maupun masalah besar (nusyuz). Sebagai agama yang sempurna, Islam memberikan solusi ketika suami-istri khawatir pasangannya melakukan nusyuz. Namun bila kita cermati, terdapat perbedaan solusi dalam penyelesaian nusyuz suami-istri, sedangkan kata yang digunakan sama. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research), dengan menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis. Kemudian data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini didapatkan dari kitab tafsir karya Sayyid Qut}b yang berjudul Tafsir Fi Z}ilalil Qur‟an, ditambah dengan buku-buku atau karya ilmiah yang masih memiliki tema senada (nusyuz).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan Sayyid Qut}b terkait konsep nusyuz. Oleh karena itu, peneliti mencoba meneliti kitab tafsir karya Sayyid Qut}b yang berjudul Tafsir Fi Z}ilalil Qur‟an. Kemudian untuk menganalis data yang ada, peneliti menggunakan kerangka teori yang dikemukakan oleh M. Quraish Shihab, Dkk. terkait metode penafsiran al-qur‟an. Kemudian ditambah teori arkeologi yang dikemukakan oleh Paul Michel Foucault dan teori sosiologi hukum yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa, menurut Sayyid Qut}b nusyuz adalah perbuatan seseorang (suami atau istri) yang menonjolkan dan meninggikan (menyombongkan) diri dengan melakukan pelanggaran dan kedurhakaan, serta tidak melakukan kewajibannya selaku suami-istri. Terkait perbedaan solusi, hal ini didasari oleh posisi suami-istri dalam organisasi rumah tangga. Pendidikan, keluarga, serta kondisi negara saat itu memberikan pengaruh terhadap pemikiran Sayyid Qut}b.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Nusyuz, Solusi,SayyidQutb, Keadilan
Subjects: Hukum Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Apr 2022 10:42
Last Modified: 14 Apr 2022 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum