IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO 5 TAHUN 2008 TENTANG PENANGGULANGAN HIV AIDS (STUDI KASUS PADA REMAJA USIA 17 – 25 TAHUN DI YAYASAN PELITA ILMU TEBET JAKARTA SELATAN)

Muhammad Mahardika Naufal Wijaya, NIM.: 16370052 (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO 5 TAHUN 2008 TENTANG PENANGGULANGAN HIV AIDS (STUDI KASUS PADA REMAJA USIA 17 – 25 TAHUN DI YAYASAN PELITA ILMU TEBET JAKARTA SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO 5 TAHUN 2008 TENTANG PENANGGULANGAN HIV AIDS (STUDI KASUS PADA REMAJA USIA 17 – 25 TAHUN DI YAYASAN PELITA ILMU TEBET JAKARTA SELATAN))
File 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO 5 TAHUN 2008 TENTANG PENANGGULANGAN HIV AIDS (STUDI KASUS PADA REMAJA USIA 17 – 25 TAHUN DI YAYASAN PELITA ILMU TEBET JAKARTA SELATAN))
File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya kasus HIV/AIDS yang dialami oleh warga Jakarta Selatan mengharuskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Daerah (PERDA) No. 5 tahun 2008 tentang “Penanggulangan HIV/AIDS”. Perda tersebut berisi tentang upaya peningkatan perilaku pola hidup sehat dan religius, ketahanan keluarga, edukasi sedini mungkin kepada kelompok-kelompok yang ada di masyarakat, pencegahan penularan, perawatan, dukungan dan pengobatan orang dengan HIV/AIDS serta menghormati harkat dan martabat orang dengan HIV dan AIDS dan keluarganya. Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang sosial dengan mengupayakan penanggulangan HIV/AIDS sebagaimana PERDA nomor 5 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV/AIDS. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersumber dari observasi terhadap ODHA di Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan, wawancara dengan pengurus yayasan, serta kepada ODHA. Untuk memperkuat data maka studi pustaka seperti jurnal, dan buku menjadi sumber data sekunder penelitian ini. Tulisan ini melihat kehidupan dan penanggulangan HIV/AIDS kepada ODHA di Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian PERDA nomor 5 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV/AIDS dengan upaya penanggulangan yang telah dilakukan oleh Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan. Dalam menganalisis hasil penelitian, tulisan ini menggunakan perspektif maslahah mursalah untuk melihat manfaat PERDA nomor 5 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV/AIDS terhadap ODHA, khususnya ODHA di Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penanggulangan HIV/AIDS yang dilakukan oleh Yayasan Pelita Ilmu Tebet, Jakarta Selatan merupakan implementasi dari PERDA nomor 5 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV/AIDS. Dalam melakukan penanggulangan, Yayasan Pelita Imu memperhatikan dan sejalan dengan PERDA. Dengan demikian maka PERDA nomor 5 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV/AIDS memiliki maṣlaḥah yang cukup besar terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dengan terbentuknya PERD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Tamtowi., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PERDA Nomor 5 Tahun 2008, Upaya Penanggulangan HIV/AIDS Kepada ODHA, Perspektif Maṣlaḥah Mursalah
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Apr 2022 11:53
Last Modified: 14 Apr 2022 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum