ORIENTASI, SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL MUHSIN YOGYAKARTA

Wahyu Dwi Utami, NIM.: 16520020 (2020) ORIENTASI, SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL MUHSIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ORIENTASI, SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL MUHSIN YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ORIENTASI, SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL MUHSIN YOGYAKARTA)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agama sangat berperan dalam membentuk kepribadian dan arah tujuan hidup manusia. Hal ini dapat dilihat melalui sejauh mana pemahaman dan pemaknaan seseorang terhadap agama yang dianutnya. Setiap pemeluk agama memiliki orientasi keagamaan yang berbeda , yang akan berpengaruh pada sikap seseseorang terhadap orang lain dan juga perilaku keagamaannya. Penelitian ini mengambil santri tahfiz al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin Yogyakarta sebagai subyek. Mayoritas santri tahfiz al-Qur’an di PPS Al Muhsin juga berstatus sebagai mahasiswa. Di tengah dinamika kehidupan mahasiswa di Yogyakarta, tentu menjadi tantangan bagi mahasiswa yang masih berkomitmen menghafal al-Qur’an di pondok pesantren. Oleh karena itu, penelitian ini akan meneliti orientasi, sikap dan perilaku keagamaan santri tahfiz al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis data lapangan (field research). Sumber data yang diperoleh menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama dengan metode analisis deskriptif. Analisis penelitian ini dengan menderskripsikan perkembangan keagamaan santri tahfiz PPS Al Muhsin, kemudian dianalisis dengan teori Raymond F Paloutzian tentang Orientasi, Sikap dan Perilaku Keagamaan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perkembangan keagamaan santri tahfiz dipengaruhi oleh keluarga, linngkungan dan pendidikan pesantren. motivasi belajar di pesantren dipengaruhi oleh faktor eksternal yakni arahan dari keluarga, dan faktor internal, antara lain: belajar ilmu agama lebih mendalam, memiliki sifat akhlakul karimah, menghindari diri dari pergaulan bebas, dan belajar menjadi pribadi yang terbuka. 2) Orientasi santri penghafal al-Qur’an PPS Al Muhsin memiliki keberagamaan yang intrinsik, agama dijadikan sebagai prioritas utama. Kemudian terkait sikap keagamaan, sebagian santri ada mengalami perubahan dalam memaknai agama sehingga awalnya bersikap eksklusif dan berprasangka tinggi, kemudian setelah masuk perguruan tinggi mereka bisa berprasangka rendah terhadap orang lain baik yang seagama maupun berbeda agama. sebagian santri yang lain menyadari bahwa perbedaaan merupakan anugerah yang harus disyukuri. Terakhir, terkait perilaku keagamaan santri tahfiz PPS Al Muhsin taat dalam menjalankan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. Kemudian perilaku dalam bentuk pengamalan sehari-hari juga dipengaruhi dari komitmen dalam menghafal al-Qur’an, yang mana Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman dalam berperilaku. Mereka tidak hanya sekedar menghafal, akan tetapi juga memahami makna ayat yang dihafal yang kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama amalan yang bersifat kemanusiaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penghafal Al-Qur’an, Orientasi Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2022 10:48
Last Modified: 18 Apr 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum