PENAFSIRAN TERM AL-JAR MENURUT AL-TABATABA’I DALAM TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN DAN MUSTAFA AL-MARAGI DALAM TAFSIR AL-MARAGI (STUDI TAFSIR MUQARAN)

Rizki Fadhilah, NIM.: 16530044 (2020) PENAFSIRAN TERM AL-JAR MENURUT AL-TABATABA’I DALAM TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN DAN MUSTAFA AL-MARAGI DALAM TAFSIR AL-MARAGI (STUDI TAFSIR MUQARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN TERM AL-JAR MENURUT AL-TABATABA’I DALAM TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN DAN MUSTAFA AL-MARAGI DALAM TAFSIR AL-MARAGI (STUDI TAFSIR MUQARAN))
16530044_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN TERM AL-JAR MENURUT AL-TABATABA’I DALAM TAFSIR AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN DAN MUSTAFA AL-MARAGI DALAM TAFSIR AL-MARAGI (STUDI TAFSIR MUQARAN))
16530044_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan sosial, peran masyarakat sangat penting dalam menjaga sistem sosial yang sudah berjalan. Masyarakat terbentuk dari kumpulan individu yang sadar akan kebutuhannya dalam berinteraksi sesama individu. Lingkup interaksi sosial dimulai dari keluarga/kerabat. Namun, dalam kondisi tertentu, seseorang yang memungkinkan lebih mengetahui keadaan orang lain adalah tetangga, yang dalam bahasa arab disebut dengan al-jār. Hidup berdampingan sesama tetangga adalah sesuatu yang indah dan nikmat dalam kehidupan modern ini. oleh karena itu, perlu dimunculkan sebuah kesadaran dan pemahaman secara komprehensif untuk memahami makna hidup bertetangga dalam implementasi tafsir al-Quran. Dalam al-Quran istilah al-jār pada 2 ayat, yaitu dalam Q.S al-Nisā(4) : 36 dan Q.S al-Anfāl (8) : 48. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan kitab Tafsi>r al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān karya al-Ṭabāṭabā‟i dan Tafsi>r al-Marāgi karya Musṭafā al-Marāgi sebagai objek penelitian. Al-Ṭabāṭabā‟i merupakan tokoh tafsir yang mempunyai konsep persatuan sosial dengan berpijak pada tauhid, sedangkan al-Marāgi dengan konsep masyarakat ideal yang dapat menjadi ummatan wasaṭan serta agama sebagai sarana dakwah dengan pendekatan sosial. Dari 2 ayat dan objek kitab tafsir yang penulis pilih, penulis akan menganalisis beberapa poin, yaitu : 1) apa arti dari term al-jār, 2) apa persamaan dan perbedaan dari 2 mufassir, 3) serta menganalisis bagaimana implementasi penafsiran kata al-jār pada nilai-nilai sosial kemasyarakatan. Metode yang penulis gunakan adalah metode perbandingan tafsir atau muqarān, yaitu dengan membandingkan pemikiran dari tokoh tafsir dan metode penafsiran yang digunakan, kemudian mencari titik persamaan serta perbedaannya. Sebelumnya, penulis juga menggunakan metode deskriptif-analitis untuk memaparkan bagaimana pemikiran dan penafsiran al-Ṭabāṭabā‟i dan al-Marāgi, kemudian menganalisis untuk dapat menjawab rumusan masalah poin pertama. Hasil penelitian yang penulis dapat setelah menganalisis dari pemikiran al-Ṭabāṭabā‟i dan al-Marāgi terkait konsep masyarakat ideal, kemudian menggali lebih dalam penafsiran terkait term al-jār, penulis mengambil pemahaman bahwa ketetanggaan merupakan suatu relasi dimana seorang tetangga mempunyai kewajiban sebagai pelindung terhadap tetangga lain (Q.S al-Anfāl (8) : 48), sedangkan batasan dalam bertetangga (Q.S al-Nisā(4) : 36) bukan menjadi penghalang dalam usaha pemenuhan hak-hak bertetangga, karena dalam penafsiran al-Ṭabāṭabā‟i dan al-Marāgi tidak ada batasan secara jelas terkait perbedaan tetangga jauh maupun dekat. Sedangkan implementasi penafsiran terhadap nilai sosial kemasyarakatan dapat dilakukan dengan pemenuhan hak tetangga secara penuh, sehingga dapat menciptakan relasi bertetangga dalam kehidupan manusia dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang, serta hidup menjadi lebih bermatabat baik di sisi sesama manusia maupun di hadapan Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhammad Yusuf, M.SI
Uncontrolled Keywords: Muqaraan, Term al-Jar, Konsep Masyarakat, Tafsir al-Maraagi
Subjects: Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2022 11:10
Last Modified: 18 Apr 2022 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum