PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESALEHAN SOSIAL MAHASISWA STUDI KASUS PADA ORGANISASI PMII RAYON PEMBEBASAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Eva Brenda Bellinda, NIM.: 16540037 (2020) PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESALEHAN SOSIAL MAHASISWA STUDI KASUS PADA ORGANISASI PMII RAYON PEMBEBASAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESALEHAN SOSIAL MAHASISWA STUDI KASUS PADA ORGANISASI PMII RAYON PEMBEBASAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16540037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESALEHAN SOSIAL MAHASISWA STUDI KASUS PADA ORGANISASI PMII RAYON PEMBEBASAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16540037_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap atau mengekpolarsi sisi lain dari gambaran umum mengenai organisasi PMII Rayon Pembebasan dalam hal perilaku sosial angotanya. Hal demikian dikarenakan adanya stigma masyarakat khususnya mahasiswa kalangan non organisasi yang secara umum memandang Organisasi PMII identik dan aktif dalam hal “pemberontakan” melalui aksi demontrasi, penggerak aksi unjuk rasa dan kritiknnya pada isu-isu tertentu, yang membuat organisasi tersebut memiliki “label” kurang baik dalam beberapa perilakunya. Namun di sisi lain, organisasi ini juga memiliki kegiatan keagamaan bersifat kultural yang dijaga sebagai bentuk pola ritual dalam organisasi itu sendiri, dimana kegiatan keagamaan itu sendiri dapat disebut sebagai suatu proses internalisasi dari sebuah nilai dan norma agama yang dapat mempengaruhi perilaku seorang individu, termasuk halnya perilaku kesalehan sosialnya. Tema ini penelitian, sebagai sebuah studi akademis, akan membentuk suatu diskursus mengenai keterhubungan organisasi di muka dengan realitas praksis keseharian mahasiswa. PMII, secara umum, merupakan wadah kemahasiswaan yang eksklusif secara ideologis namun inklusif dalam praksis keorganisasiannya. Di titik ini, penelitian ini menarik karena bersinggungan dengan eksklusifitas di satu sisi, dan inklusifitas di sisi yang lain. Signifikansi yang berbeda dari tema ini terletak pada mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang rerata menjadi kader organisasi PMII sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat kesalehan sosial mahasiswa sedikit banyak dipengaruhi oleh kegiatan keagamaan organisasi tersebut. Bentuk penelitian ini adalah field research yang menggunakan teknik partisipatoris, wawancaran dan dokumentasi, dan pendekatan sosiologis sebagai alat metodologisnya. Untuk membedah subjek penelitian, penulis meminjam pendekatan adaption, goal attainment, integration, dan latency dari Talcott Parson. Keempat pendekatan ini, akan sangat signifikan dalam menarasikan hasil analisis mengenai pengaruh organisasi PMII Rayon Pembebasan dalam mengimplementasikan kegiatan keagamaan terhadap kesalehan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, kesalehan sosial mahasiswa dapat terbentuk melalui kegiatan keagamaan berupa pengajian kitab kuning, dzikir dan tahlil bersama dan juga kegiatan sholat wajib berjamaah yang dilakukan dalam Organisasi PMII Rayon Pembebasan. Dalam kegiatan keagamaan tersebut terkandung nilai dan ajaran religiusitas dalam hal kesalehan individu, kesalehan sosial dan juga kesalehan alam, sehingga dapat mempengaruhi karakter para anggota organisasi tersebut untuk melakukan kebaikan terhadap sesama. Kegiatan keagamaan tidak hanya berperan sebagai kegiatan pemenuh kebtuhan rohaniah semata, tetapi juga berperan dalam menumbuhkan sikap kepedulian sosial, dimana sikap kepedulian sosial tersebut merupakan salah satu bentuk dari kesalehan sosial seorang individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Masroer, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Organisasi PMII Rayon Pembebasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kegiatan Keagamaan, Kesalehan Sosial, Tindakan Sosial
Subjects: Sosiologi Agama
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2022 11:20
Last Modified: 18 Apr 2022 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum