HADIS-HADIS MAUDHU’ SEPUTAR PUASA DAN RAMADHAN DALAM KITAB SILSILAH HADIS DHA’IF DAN MAUDHU’ (DIGITALISASI HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID)

Hafizh Mahmud Wardhani, NIM.: 16550002 (2020) HADIS-HADIS MAUDHU’ SEPUTAR PUASA DAN RAMADHAN DALAM KITAB SILSILAH HADIS DHA’IF DAN MAUDHU’ (DIGITALISASI HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HADIS-HADIS MAUDHU’ SEPUTAR PUASA DAN RAMADHAN DALAM KITAB SILSILAH HADIS DHA’IF DAN MAUDHU’ (DIGITALISASI HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID))
16550002_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HADIS-HADIS MAUDHU’ SEPUTAR PUASA DAN RAMADHAN DALAM KITAB SILSILAH HADIS DHA’IF DAN MAUDHU’ (DIGITALISASI HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID))
16550002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya hadis-hadis maudhu’ tentang puasa dan Ramadhan yang sudah tersebar di masyarakat. Sehingga peneliti memilih untuk mengembangkan kitab Silsilah Hadis Dha’if dan Maudhu’ karya Muhammad Nashiruddin al-Albani (4 Jilid) menjadi sebuah aplikasi atau media belajar mandiri bagi masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan sampai tahap implementasi, karena peneliti membuat media belajar mandiri bukan media belajar mengajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa software pendukung, yaitu software Fire Work Portable dan software Notepad, juga menggunakan web Content Management System milik Pusat Kajian Hadis untuk membuat konten, lalu menggunakan Adobe Phonegap untuk mengubahnya menjadi aplikasi. Dalam aplikasi ini memuat hadis-hadis seputar Puasa dan Ramadhan mulai dari sanad, matan, hingga penjelasan kemaudhu’annya menurut M. Nashiruddin al-Albani akan disajikan. Kemudian aplikasi ini divalidasi oleh para ahli dan diuji cobakan kepada masyarakat. Persentase dari ahli materi mendapat 98%, dari ahli media mendapat nilai 84%, dan dari masyarakat mendapat 86,94%, Maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Hadis-Hadis Maudhu’ Seputar Puasa dan Ramadhan berbasis Android ini mendapatkan persentase rata-rata 89,65% dengan kategori sangat baik dan layak untuk digunakan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hadis Maudhu’, Puasa, Ramadhan, Android, Content Management System, CMS, Research and Development, R&D, ADDIE
Subjects: Ilmu Hadits
Hukum Islam > Fiqih > Puasa
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2022 12:09
Last Modified: 18 Apr 2022 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum