TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP SISTEM GADAI TANAH MASYARAKAT DESA RATO KEC. LAMBU, KAB. BIMA, NTB PERSPEKTIF HUKUM ADAT

Nurfaidatul Jannah, NIM.13380097 (2020) TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP SISTEM GADAI TANAH MASYARAKAT DESA RATO KEC. LAMBU, KAB. BIMA, NTB PERSPEKTIF HUKUM ADAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP SISTEM GADAI TANAH MASYARAKAT DESA RATO KEC. LAMBU, KAB. BIMA, NTB PERSPEKTIF HUKUM ADAT)
13380097- SAMPUL- BAB I - BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP SISTEM GADAI TANAH MASYARAKAT DESA RATO KEC. LAMBU, KAB. BIMA, NTB PERSPEKTIF HUKUM ADAT)
13380097 - BAB II - SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sistem gadai tanah yang dilakukan oleh masyarakat Desa Rato, selain itu juga skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya sistem gadai tanah pada masyarakat Desa Rato kecamatan Lambu Kab. Bima NTB. Skripsi ini menggunakan metode penelitian lapangan atau (field research), yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh langsung dari lapangan. Adapun lokasi penelitian berada di Desa Rato Kec. Lambu Kab. Bima Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik yaitu mendeskripsikan sistem gadai tanah yang dilakukan oleh masyarakat Desa Rato Kec. Lambu Kab. Bima NTB dan tehnik penulisannya berdasarkan pada pedoman penulisan skripsi Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari penelitian ini ditemukan pada kegiatan gadai tanah masyarakat Desa Rato Kec. Lambu dilakukan sejak dahulu dengan alasan faktor ekonomi dan aset pemanfaatan tanah. Apabila dilihat dari rukun dan syarat gadai sudah terpenuhi akan tetapi apabila diliat dari segi penentuan batas waktu, yang dipermasalahkan barang jaminanya pemanfaatan tanah. Sehingga mengakibatkan hak dan kewajiban gadai tanah dalam prespektif hukum adat belum terpenuhi sepenuhnya. Hal ini menunjukan bahwa tinjauan sosiologis terhadap sistim gadai tanah prespektif hukum adat di desa rato kec. Lambu belum sepenuhnya terpenuhi sesuai dengan hukum adat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem gadai tanah yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Rato Kec. Lambu Kab. Bima NTB tidak menciptakan kemaslahatan bersama karena dalam praktek gadainya masih terdapat gadai timpang tindih, dan juga pemanfaatan barang gadai serta pengklaiman secara sepihak atas tanah yang di gadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadai, Sitim Gadai Tanah, Hukum Adat.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Apr 2022 13:40
Last Modified: 19 Apr 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum