AL BINIYAH AL SARDIYAH FI QISSAH "AL MAR'AH GHALABAT AL SHAITAN " LI TAWFIQ AL HUKMI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH A. J. GRIMAS)

Ariani Istiqomah, NIM.: 13110063 (2020) AL BINIYAH AL SARDIYAH FI QISSAH "AL MAR'AH GHALABAT AL SHAITAN " LI TAWFIQ AL HUKMI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH A. J. GRIMAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL BINIYAH AL SARDIYAH FI QISSAH "AL MAR'AH GHALABAT AL SHAITAN " LI TAWFIQ AL HUKMI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH A. J. GRIMAS))
13110063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL BINIYAH AL SARDIYAH FI QISSAH "AL MAR'AH GHALABAT AL SHAITAN " LI TAWFIQ AL HUKMI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH A. J. GRIMAS))
13110063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi yang berjudul “Cerpen Imra’atun Ghalabatisy Syaithan dalam Antologi cerpen Arinillah karya Taufik Al Hakim (Analisis Strukturalisme Naratologi A.J Greimas)” menyajikan analisis struktur narasi dalam cerpen imra’atun ghalabatisy syaithan berdasarkan teori milik A.J Greimas. Penelitian ini dilakukan dengan alasan untuk mengetahui peran tokoh dalam keterlibatannya pada setiap peristiwa yang membangun cerita cerpen tesebut. Peranan ini digambarkan secara jelas melalui skema aktansial dalam teori yang dikemukakan oleh A.J Greimas. Dalam cerpen ini mengkisahkan tentang seorang wanita yang putus asa dengan keadaanya sehingga membuat perjanjian dengan setan selama sepuluh tahun ia mendapat kesenangan. Setelah sepuluh tahun kurang dua bulan ia meminta kesenangan spiritual. Setelah dua bulan berlalu setan datang menagih janji perempuan untuk masuk ke neraka. Namun semua itu digagalkan para malaikat surga dan membawa wanita itu masuk surga. Dalam skripsi ini, peneliti akan menjawab bagaimana skema aktansial berdasarkan teori strukturalisme naratologi A.J Greimas. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran masing-masing tokoh yang membangun setiap peristiwa dengan menggunakan skema aktansial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme naratologi A.J Greimas. Dalam teori ini, Greimas membagi aktan menjadi enam kategori yang disusun secara oposisi biner (berpasangan), yaitu : aktan subjek dan aktan objek, aktan penerima dan aktan pengirim, aktan penolong dan aktan penghalang. Dengan demikian, teori ini dianggap mampu menggambarkan peranan masing-masing tokoh dalam cerpen imra’atun ghalabatisy syaaithan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan mengaji pustaka (library research). Adapun kesimpulan penelitian ini adalah struktural A.J Greimas dapat digunakan pada penelitian terhadap cerpen, maka teori ini tidak hanya dapat untuk meneliti dongeng saja. Struktur cerita yang membangun cerpen imra’atun ghalabatisy syaaithan dapat digambakan dengan menggunakan struktur aktansial dan model fungsional berdasarkan teori strukturalisme naratologi A.J Greimas dianalisis dengan skema aktan dan struktur fungsional dapat diungkap tiga skema aktan dan struktur fungsional. Tidak semua aktan mempunyai fungsi peran sempurna. Dua aktan mempunyai fungsi zero. Cerpen Imra’atun Ghalabatisy Syaaithan dianalisis dengan struktur fungsional tidak semua tahap dapat terisi. Maka ada struktur fungsional yang sempurna dan tidak sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Moh. Kanif Anwari, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Imra’atun Ghalabatisy Syaaithan, struktural A.J Greimas
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 11:20
Last Modified: 19 Apr 2022 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum