MAFHUM TA'LIM AL QAWA'ID AL NAHWIYAH BIL KITABAINI : MATAN AJURUMIYYAH WA NAZOM AJURUMIYYAH JAWAN (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITHU AL MAWAD)

Muhammad Adib Adha, NIM.: 15420089 (2020) MAFHUM TA'LIM AL QAWA'ID AL NAHWIYAH BIL KITABAINI : MATAN AJURUMIYYAH WA NAZOM AJURUMIYYAH JAWAN (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITHU AL MAWAD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAFHUM TA'LIM AL QAWA'ID AL NAHWIYAH BIL KITABAINI : MATAN AJURUMIYYAH WA NAZOM AJURUMIYYAH JAWAN (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITHU AL MAWAD))
15420089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAFHUM TA'LIM AL QAWA'ID AL NAHWIYAH BIL KITABAINI : MATAN AJURUMIYYAH WA NAZOM AJURUMIYYAH JAWAN (DIRASAH MUQARANAH MIN HAITHU AL MAWAD))
15420089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini, 1) Mengetahui persamaan dan perbedaan isi dalam kitab Matn al Jurumiyyah wa Nazam al Jurumiyyah Jawan secara terperinci, 2) Mengetahui isi materi dari kajian analisis perbandingan dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab dengan menggunakan dua kitab: Matn al Jurumiyyah wa Nazam al Jurumiyyah Jawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dan pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka, yakni dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari berbagai sumber pustaka, yang semua untuk menjawab permasalahan penelitian pada kitab Matn al Jurumiyyah wa Nazam al Jurumiyyah Jawan tentang isi materi pada kedua kitab tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kandungan yang terdapat pada kitab Matn al Jurumiyyah wa Nazam al Jurumiyyah Jawan hampir sama. Ada beberapa bab yang tidak terdapat pada kitab Nazam al Jurumiyyah Jawan, seperti fashl, marfu’at al asma, manshubat al asma, makhfudhat al asma. Begitu juga ada beberapa bab yang tidak ada pada kitab Matn al Jurumiyyah, seperti al muqaddimah, bab al naikroh wa al ma’rifat, dan al ikhtitam. 2) Ada beberapa materi tambahan yang terdapat dalam kitab Nazam al Jurumiyyah Jawan, seperti beberapa contoh pada pembagian tanda-tanda i’rab dan contoh contoh dalam bab isim fa’il dhomir munfashil, pengertian al ma’rifat, pengertian al istitsna, dan beberapa contoh dalam pembagian munada. 3) Kitab Matn al Jurumiyyah lebih utama daripada kitab Nazam al Jurumiyyah Jawan. Karena kitab Matn al Jurumiyyah ditulis oleh seorang ulama salaf yakni as-Syaikh as Shanhaji. Dan banyak para ulama’ yang mensyarahi kitab hasil karangannya, diantarannya: asSyaikh Ahmad bin Zaini ad Dakhlan, as-Syaikh al Hamidi, as-Syaikh Ma’shum. 4) Kitab Nazam al Jurumiyyah Jawan ditulis oleh as-Syaikh Mahmud bin Muhtar, yakni seorang ulama khalaf yang berasal dari kota Cirebon Jawa Barat. 5) Perbedaan yang paling mendasar dari kedua kitab ini adalah: kitab Matn al Jurumiyyah berbentuk kalam al natsr (teks) dengan bahasa Arab, sedangkan kitab Nazam al Jurumiyyah Jawan berbentuk syi’ir dengan menggunakan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbimg: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kaidah Nahwu, Analisis Perbandingan , Isi Materi
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 12:08
Last Modified: 19 Apr 2022 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum