AL HUBB FI SYI'R "QARI'AH AL FINJAN" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH SIMA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE)

Mohammad Amirullah, NIM.: 15110075 (2021) AL HUBB FI SYI'R "QARI'AH AL FINJAN" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH SIMA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL HUBB FI SYI'R "QARI'AH AL FINJAN" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH SIMA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE))
15110075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL HUBB FI SYI'R "QARI'AH AL FINJAN" LI NIZAR QOBBANI (DIRASAH TAHLILIYAH SIMA'IYAH LI FERDINAND DE SAUSSURE))
15110075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi yang berjudul “Puisi Qoriah Finjan Karya Nizar Qobbani (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure) ini bertujuan untuk membedah makna melalui tanda, konotasi sekaligus personifikasi atau majas yang terdapat dalam puisi Qoriah Finjan karya Nizar Qabbani itu. Hal itu disebabkan oleh keunikan puisi Qoriah Finjan yang sarat akan makna cinta dan pengorbanan. Apalagi puisi ini erat kaitannya dengan psikologi penyair dan kebudayaan saat itu. Selain itu, diksi-diksi yang disajikan sangat indah, penuh nilai-nilai estetika yang tingi. Puisi qoriah finjan berbicara tentang seorang wanita peramal yang berbicara kepada seorang anaknya yang dirundung cinta yang dalam kepada seorang perempuan. Peneliti menggunakan teori Semiotik ferdinad de Saussure. Saussure dalam hal ini memperkenalkan empat konsep dikotomi yang seringkali menjadi pijakan bagi kajian linguistik modern, salah satunya yaitu signifier dan signified. Dengan begitu, semiotika sangat dikenal dengan ilmu tentang tanda-tanda yang mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, dan konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti. Disamping juga tanda-tanda yang terdapat dalam teks sastra menjadi objek yang paling fundamental dalam mengklasifikasikan tipologi hubungan tanda yang dikategorikan sebagi indeks dan symbol. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana peneliti berposisi sebagai subjek dalam memandang objek (puisi) yang akan diteliti. Yang tujuannya untuk mencapai pemahaman bagaimana peneliti merasakan proses yang dijalani oleh sang penyair dalam kehidupannya: memberikan dan menguraikan makna. Bagaimana peneliti menginterpretasikan puisi tersebut ke dalam pengalamannya sendiri. Hasil penelitian ini, adalah bahwa seluruh tanda yang terdapat dalam puisi Qoriah Finjan merupakan tanda atau tanda linguitik (signe atau signe linguistique), yaitu perempuan peramal dan seorang anak muda yang sedang mengejar cinta kekasihnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Khanif Anwari, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Puisi, Cinta, Qariah Finjan, Nizar Qabbani.
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 11:53
Last Modified: 19 Apr 2022 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum