PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUSITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KISAH QUR’ANI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA

Sri Wahyuni, NIM: 18204030024 (2020) PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUSITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KISAH QUR’ANI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUSITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KISAH QUR’ANI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA)
18204030024_BAB-I_IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUSITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KISAH QUR’ANI DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA)
18204030024_BAB-II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh kegelisahan melihat pendidikan di Indonesia yang belum efektif dalam mengembangkan karakter anak bangsa, dikarenakan banyak pihak yang memandang keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dari nilai akhir yang diterima anak, sehingga mengeyampingkan pentingnya mengembangkan nilai agama dan moral anak untuk menciptakan penerus bangsa yang berkarakter dan religius sehingga memiliki kesadaran diri, bukan hanya sebatas hafal teori dan praktek semata. Permasalahan lain yaitu masih kurangnya pemanfaatan materi pembelajaran dalam Al-Qur’an yang mengandung banyak nilai-nilai pendidikan. Melihat dari permasalahan tersebut, sebuah langkah antisipasi dilakukan untuk mencegah berlarutnya kedilemaan dalam kondisi seperti ini, dengan memberikan sebuah proses pembelajaran yang dapat menanamkan nilai-nilai agama dan moral untuk mengembangkan karakter religiusitas pada anak usia dini melalui metode kisah Qur’ani. Ini merupakan salah satu strategi mengingat pada usia awal anak berkembang dengan sangat pesat. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Sapen Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses penerapan metode kisah Qur’ani di TK ABA Sapen Yogyakarta, 2) Menyajikan implikasi dari penerapan metode kisah Qur’ani dalam pengembangan nilai karakter religius anak di TK ABA Sapen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data diperoleh dari beberapa informan yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping dan orang tua murid. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi validitas atau keabsahan data yang digunakan adalah dengan mentringulasi (triangulate) data-data yang ada. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik dari Creswell yang terdiri dari beberapa tahapan 1) mengolah dan mempersiapkan data, 2) membaca keseluruhan data, 3) menganalisis lebih dengan mengkoding data, 4) menerapkan proses koding, 5) pendeskripsian, 6) menginterpretasi atau memaknai data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode kisah Qur’ani di TK ABA Sapen Yogyakarta dilakukan melalui beberapa tahapan, 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap penerapan, 3) Tahap evaluasi. Ketiga tahap ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana metode ini dapat mempengaruhi pengembangan karakter religius anak. Pada tahap pelaksanaan metode kisah Qur’ani, guru menggunakan media berupa alat peraga, ilustrasi gambar, serta menggunakan dramatisasi ketika penyampaian kisah. Implikasi dari penerapan metode kisah Qur’ani di TK ABA Sapen Yogyakarta telah memberi pengaruh pada karakter religiusitas anak dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dari karakter tersebut adalah mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, hormat, sportif, dsb, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati (toleransi) terhadap agama lain. nilai-nilai tersebut telah dinampakkan anak-anak baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Karakter Religiusitas, Anak Usia Dini, Metode Kisah Qur’ani
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Apr 2022 11:56
Last Modified: 19 Apr 2022 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum