PENERAPAN ART THERAPY (KREATIVITAS MENGGAMBAR) UNTUK MENGATASI STRES AKADEMIK DI SMAN 1 RANDUBLATUNG

Eka Kurniawati, (NIM. 17102020058 (2022) PENERAPAN ART THERAPY (KREATIVITAS MENGGAMBAR) UNTUK MENGATASI STRES AKADEMIK DI SMAN 1 RANDUBLATUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ART THERAPY (KREATIVITAS MENGGAMBAR) UNTUK MENGATASI STRES AKADEMIK DI SMAN 1 RANDUBLATUNG)
17102020058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ART THERAPY (KREATIVITAS MENGGAMBAR) UNTUK MENGATASI STRES AKADEMIK DI SMAN 1 RANDUBLATUNG)
17102020058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ada banyak tekanan yang didapatkan oleh siswa baik dari lingkungan sekolah maupun lingkungan luar sekolah. Tekanan-tekanan tersebutlah yang memunculkan academic stressor sehingga mengakibatkan siswa mengalami stres akademik. SMAN 1 Randublatung merupakan sekolah yang menerapkan sistem full day school dengan rentang waktu belajar dari pukul 06.45-15.00 yang disinyalir dapat menyebabkan adanya stres akademik pada siswa. Stres akademik ini dapat diminalisir dengan menerapkan adanya art therapy. Art therapy merupakan suatu jenis terapi yang digunakan untuk membangun hubungan interpersonal antara konseli dan konselor dengan menggunakan media seni untuk membantu konseli mencegah atau menyelesaikan masalah psikososial dan meraih perkembangan yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana penerapan art therapy untuk mengatasi stres akademik di SMAN 1 Randublatung. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method yaitu gabungan antara kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest and posttest design yang melibatkan siswa SMAN 1 Randublatung. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala stres akademik. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan bantuan program IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil yang diperoleh yaitu adanya perbedaan antara skor pretest dan posttest. Skor pretest yang didapatkan yaitu sebesar 216 dan 214 kemudian skor posttest yaitu 136 dan 132. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa art therapy dapat digunakan untuk menurunkan tingkat stres akademik di SMAN 1 Randublatung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa art therapy dapat diterapkan untuk menurunkan tingkat stres akademik di SMAN 1 Randublatung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Arya Fendha Ibnu Shina, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Art therapy
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Apr 2022 13:39
Last Modified: 19 Apr 2022 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum