PROGRAM SIBAKUL JOGJA FREE-ONGKIR: MEKANISME DAN DAMPAKNYA BAGI UMKM KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Moh. Bagas Wahyu Pratama, NIM. 17102030017 (2022) PROGRAM SIBAKUL JOGJA FREE-ONGKIR: MEKANISME DAN DAMPAKNYA BAGI UMKM KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM SIBAKUL JOGJA FREE-ONGKIR: MEKANISME DAN DAMPAKNYA BAGI UMKM KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102030017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM SIBAKUL JOGJA FREE-ONGKIR: MEKANISME DAN DAMPAKNYA BAGI UMKM KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102030017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana mekanisme program Sibakul Jogja Free-Ongkir serta dampaknya dalam proses pemberdayaan UMKM di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah mekanisme dan dampak pemberdayaan pelaku UMKM di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Teknis validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi dan kemudian data dianalisis menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan mekanisme program Sibakul Jogja Free-Ongkir diimplementasikan dalam 4 tahapan, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling yang saling berkaitan satu dengan lainnya melalui skema pemberian gratis ongkos kirim bagi setiap transaksi produk UMKM mitra binaan Sibakul Jogja. Program Sibakul Jogja Free-Ongkir memberikan dampak positif terhadap pelaku UMKM mitra binaan yang terbagi menjadi dampak langsung dan tidak langsung. Dampak langsung adalah dampak yang dirasakan oleh pelaku UMKM seperti peningkatan transaksi penjualan dan peningkatan kapasitas UMKM, kemudian dampak tidak langsung adalah dampak yang dirasakan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam program Sibakul Jogja Free-Ongkir, baik UMKM maupun masyarakat luas seperti kemudahan akses permodalan, memperluas jejaring UMKM, mendorong inovasi layanan publik didaerah lain, hingga adanya integrasi kebijakan lintas sektor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Beti Nur Hayati, M.A.
Uncontrolled Keywords: Sibakul Jogja Free-Ongkir, Pemberdayaan UMKM, Pandemi Covid-19
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Apr 2022 13:40
Last Modified: 19 Apr 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum