AL 'ANASIR AL DAKHILYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "SA'ID HASAN" LI KAMAL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH)

Bagus Muazirwansyah, NIM.: 14110068 (2021) AL 'ANASIR AL DAKHILYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "SA'ID HASAN" LI KAMAL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL 'ANASIR AL DAKHILYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "SA'ID HASAN" LI KAMAL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH))
14110068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL 'ANASIR AL DAKHILYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH "SA'ID HASAN" LI KAMAL KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH))
14110068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul unsur intrinsik dalam cerpen Al-Saa’id Hasan karya Kamil kaylani (Analisis Struktural). Objek material dalam penelitian ini adalah cerpen Al- Saa’id Hasan karya Kamil Kaylani yang menceritakan kehidupan hattab dan keluarganya. cerpen tersebut menarik untuk diteliti dikarenakan memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan Al-Saa’id Hasan yang dahulu dengan yang sekarang. Robert Stanton membagi unsur intrinsik fiksi menjadi tiga bagian, yaitu: fakta cerita (fact), tema (theme), dan sarana cerita (literary device). Karakter, alur, dan latar merupakan fakta-fakta cerita. Akan tetapi, dalam penelitian ini peneliti hanya memfokuskan untuk meneliti fakta cerita dan tema saja karena dinilai paling dominan dalam unsur cerita. Penelitian ini akan menjawab dua rumusan masalah. Pertama, menjawab unsur-unsur intrinsik pada cerpen yang meliputi tema, alur, latar, tokoh dan penokohan yang mendasari cerita dalam cepen Al- Saa’id Hasan. Kedua, menjawab keterkaitan antarunsur pembangun dalam cerpen Al- Saa’id Hasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa alur dalam cerpen ini ialah alur maju atau progresif. Hal ini terlihat dari peristiwa satu dengan peristiwa lainnya. Pergerakan alur dalam cerpen ini dipengaruhi oleh latar terjadinya peristiwa dan interaksi antar tokoh. Latar dalam cerpen ini terbagi menjadi tiga yaitu latar tempat, waktu dan Sosial. Tokoh-tokoh dalam Al- Saa’id Hasan. dibedakan menjadi tokoh utama, tokoh utama tambahan dan tokoh tambahan. Tokoh utama dalam cerpen ini adalah Keluarga Hattab sedagkan Tokoh utama tambahan dalam cerpen ini adalah Nenek dan tokoh tambahan adalah lebah,burung dan katak. Dapat ditemukan tema cerpen Al- Saa’id Hasan adalah tentang kemiskinan yang tak menghalangi hidup untuk berbuat baik dan menolong. Tema tersebut diangkat, karena pada awal cerita, pertengahan dan akhir menceritakan tentang keluarga petani yang sangat miskin namun kemiskinan sebagai persoalan hidup tidak menghalangi Assa’id Hasan untuk hidup bahagia dengan selalu berbuat baik kepada sesama. Dengan melakukan analisis struktural cerpen Al- Saa’id Hasan. maka dapat ditemukan adanya unsur-unsur yang saling berhubungan membentuk kesatuan dalam cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustari, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kamil Kaylani, Cerpen Al- Saa’id Hasan, Robert Stanton
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:20
Last Modified: 19 Apr 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum