POLITIK IDENTITAS DAN MODEL PEMBELAJARAN MANQULIY DI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ngatipan, NIM.: 1530016033 (2022) POLITIK IDENTITAS DAN MODEL PEMBELAJARAN MANQULIY DI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLITIK IDENTITAS DAN MODEL PEMBELAJARAN MANQULIY DI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1530016033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (POLITIK IDENTITAS DAN MODEL PEMBELAJARAN MANQULIY DI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1530016033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul Politik Identitas dan Model Pembelajaran Manqūliy di Lembaga Dakwah Islam Indonesia di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini ditulis oleh Ngatipan, NIM 1530016033, mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakartapada program Studi Studi Islam, Konsentrasi Kependidikan Islam dibawah bimbingan para promotor, yaitu Prof. Dr Abdurrahman As Segaf, M. Ag dan Dr. Sumedi,M. Ag, dalam rangka memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar kesarjanaan Strata 3 (S3) dalam Ilmu Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan sekitar dua tahun, mulai tahun 2018 sampai awal tahun tahun 2021. Pembelajaran Manqūliy atau Pembelajaran Ijāzah merupakan salah satu bentuk variasi dalam transmisi ilmu pengetahuan dalam khazanah keilmuan Islam klasik. Secara mutawâtir model ini telah diyakini sebagai sebuah mekanisme yang mapan dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Namun demikian dalam perkembangannya,mainset pembelajaran manqūliy ini terus berkembang, tidak saja menyangkut hal-hal yang bersifat esensial, namun merambah sampai pada hal-hal lainnya, sehingga bermunculan pro kontra antarpihak tentang siapakah sebenarnya pemegang otoritas keilmuan dan bagaimanakah ilmu pengetahuan itu bisa dikatakan manqūliy. Persoalan di atas menjadi semakin kompleks tatkala entitas manqūliy ini dikaitkan dengan politik identitas. Dengan menggunakan teori habitus Pierre Bourdieau, penelitian ini bertujuan untuk melihat proses terbentuknya perilaku distingsi yang menjadi dasar bagi pola pendisiplinan identitas jamaah LDII. Kemudian teori pembelajaran digunakan untuk melihat proses dibangunnya mainstream berorganisasi LDII dan metamorfosis identitas mereka melalui praktek sosial (Social Praktics). Lebih jauh dari itu, penelitian ini berusaha menganalisis argumen LDII dalam mengeksploitasi konsep manqūl dalam upaya mendisiplinkan identitas para jamaahnya. Metode kualitatif-interpretatif penulis anggap lebih relevan digunakan demi tercapainya maksud penelitian diatas. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (In Depth Interview), dengan teknik wawancara semi terstruktur dikombinasikan dengan observasi partisipasif dan studi pustaka. Sepanjang penelitian ini dilakukan, hasil penelitiannya dapat disampaikan sebagai berikut : Pertama, Pembelajaran manqūliy merupakan media habituasi perilaku distingsi yang menjadi dasar bagi pola pendisiplinan identitas jamaah LDII, berupa 3 rukun mainstream LDII kepada para jamaahnya, yaitu ilmu manqūl, imâmah dan jamâah dan koin kontribusi. Koin kontribusi terdiri dari dua macam, yaitu koin generus dan koin haram merokok. Kedua, Dalam mainstream LDII, menjadi jamaah LDII merupakan konsekuensi wajib bagi seorang muslim untuk mengimplementasikan nilai-nilai ajaran islam, khususnya berkaitan dengan taklīf manqūl dan imâmah dan jamâah. Representasi ajaran Islam secara ideal hanya mampu dicapai jika seseorang hidup dalam ranah jamaah kaum muslimin (jamaah LDII). Ketiga, Entitas manqūl dieksploitasi LDII dalam upaya politis mengkristalkan identitas organisasi di panggung kehidupan sosial dan kekuasaan Negara yang dikemudian hari diharapkan mampu menjadi modal utama dalam mewujudkan kepentingan dan cita-cita para elit organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Promotor : Prof. Dr. Abdul Rahman Assegaf, M.Ag. dan Dr. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran behaviorisme; pembelajaran ijazah; habitus; LDII
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Apr 2022 09:34
Last Modified: 20 Apr 2022 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum