MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI KLAIM BUDAYA MELAYU INDONESIA OLEH MALAYSIA DI LEMBAGA BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU

Gusratih Andriani, NIM. 17102020032 (2022) MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI KLAIM BUDAYA MELAYU INDONESIA OLEH MALAYSIA DI LEMBAGA BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI KLAIM BUDAYA MELAYU INDONESIA OLEH MALAYSIA DI LEMBAGA BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU)
17102020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI KLAIM BUDAYA MELAYU INDONESIA OLEH MALAYSIA DI LEMBAGA BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU)
17102020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari keresahan yang terjadi pada sejarah perjalanan Melayu serumpun, hal ini ditandai dengan banyaknya kesalahan pengklaiman budaya Melayu antar negara Indonesia dan Malaysia sehingga terjadinya konflik antar kedua negara tersebut. Gaya manajemen konflik merupakan salah satu model pengontrolan untuk mengendalikan permasalahan yang ada dengan melakukan kegiatan diplomasi. Salah satu lembaga yang bergelut dalam proses penekanan konflik dalam pengklaiman budaya Melayu ini adalah Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya-gaya amanajemen konflik dalam mengatasi klaim budaya Melayu Indonesia oleh Malaysia di lembaga tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitaif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini merupakan pendiri sekaligus pimpinan dan pengurus harian lembaga Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu serta salah satu tokoh masyarakat Riau di Yogyakarta yang mengetahui tentang sejarah perjalananan lembaga ini. Objek penelitian ini adalah gaya-gaya manajemen konflik. untuk teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya-gaya manajemen konflik dalam mengatasi klaim budaya Melayu Indonesia oleh Malaysia ialah melakukan kolaborasi (collaborating) dan kompromi (compromising)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik, Klaim Budaya Melayu.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:30
Last Modified: 20 Apr 2022 12:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum