IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA

Fahrudin,, NIM. 17102040118 (2022) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA)
17102040118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA)
17102040118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Penelitian ini dilatarbelakangi meningkatnya indeks kepuasan jemaah haji baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi. Kepuasan jemaah haji berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara haji yakni Kementerian Agama terutama bagian seksi penyelenggaraan haji dan umrah. Namun permasalahan berkaitan dengan pelayanan tetap terjadi. Perlu adanya perbaikan secara terus menerus. Total quality management merupakan suatu terobosan untuk dapat memperbaiki kualitas produk serta perbaikan secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Total quality management dalam pelayanan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah, pegawai serta jemaah. Sedangkan objek penelitian yakni implementasi total quality management dalam pelayanan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Teknik analisis data dengan model Miles Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data meliputi uji crediblility dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, uji transferability, uji depenability serta uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukan Implementasi Total Quality Management dalam Pelayanan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara berjalan kurang maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan unsur unsur total quality management yang diterapkan seperti kepuasan pelanggan dengan slogan puas dalam melayani, respek terhadap orang lain yakni memberikan kesempatan kepada setiap pegawai untuk berpendapat serta pengambilan keputusan, manajemen berdasarkan fakta dengan pengambilan keputusan berdasarkan permasalahan dilapangan. Namun dalam perbaikan berkesinambungan dengan siklus plan, do, check, act mengalami kendala, seperti dalam do (pelaksanaan rencana) yakni tak jarang pegawai menunda mengupload berkas jemaah sehingga pelaksanaan tidak sesuai SOP (Standard Operational Procedure)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maryono, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, Pelayanan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:30
Last Modified: 20 Apr 2022 12:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum