DINAMIKA PSIKOLOGIS PADA WANITA YANG BERTAHAN DALAM ABUSIVE RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Wanita Korban Kekerasan Dalam Pacaran di Kota Kebumen)

Maike Risqi Mega Yunika, NIM. 17107010016 (2022) DINAMIKA PSIKOLOGIS PADA WANITA YANG BERTAHAN DALAM ABUSIVE RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Wanita Korban Kekerasan Dalam Pacaran di Kota Kebumen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS PADA WANITA YANG BERTAHAN DALAM ABUSIVE RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Wanita Korban Kekerasan Dalam Pacaran di Kota Kebumen))
17107010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS PADA WANITA YANG BERTAHAN DALAM ABUSIVE RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Wanita Korban Kekerasan Dalam Pacaran di Kota Kebumen))
17107010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis pada wanita yang bertahan dalam abusive relationship, yaitu kekerasan pada wanita yang menjalani hubungan pacaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan tiga informan dengan karakteristik wanita dewasa berusia lebih dari 20 tahun dan telah menjalani hubungan lebih dari 2 tahun yang berdomisili di Kota Kebumen Jawa Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika psikologin pada wanita yang bertahan dalam abusive relationship cenderung memiliki dampak psikologis berupa tekanan, rasa cemas dan kurang percaya diri. Pada informan 1 dan 2 harga diri cenderung rendah di tandai kepercaan diri yang berkurang dan kesulitan berbaur dengan lingkungan luar. Mayoritas informan memilih bertahan dalam abusive relationship karena kurangnya peran ayah dan kasih sayang keluarga, salah satu informan memilih bertahan karena adanya ancaman dari pelaku kekerasan. Adapun makna hubungan bagi ketiga informan. Pada informan 1 dan 2 merasa hubungan yang dijalaninya menjadikan kedua informan merasakan kasih sayang dan kepedulian yang kurang didapat dari kedua orang tuanya terutama sosok ayah, sedangkan pada informan 3 merasa hubungannya membuat dirinya lebih kuat dan tidak teralalu bergantung dengan orang lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Candra Indraswari, S.Psi., M.Psi.,
Uncontrolled Keywords: Bertahan, Kekerasan, Wanita
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:30
Last Modified: 20 Apr 2022 12:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum