IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME STUDI KASUS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Muhammad Helmi Bachtiar, NIM.: 16370070 (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME STUDI KASUS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME STUDI KASUS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370070 - Bab I -Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME STUDI KASUS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370070 - Bab II-Bab Terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Reklame luar ruang merupakan media periklanan yang banyak diminati oleh para investor atau pengusaha-pengusaha, guna memberitahukan produk atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak ramai. Ukuran reklame yang bervariatif serta posisi yang sangat strategis, memiliki daya tarik yang cukup kuat terhadap masyarakat karena iklan dapat dilihat secara langsung ketika sedang berlalu-lalang di sepanjang jalan. Sehingga tak jarang para investor atau pengusaha mengabaikan peraturan yang ada demi produk atau jasa yang ditawarkannya dapat terpasang di media luar ruang. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengkaji bagaimana regulasi yang akan atau telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap pelanggaran reklame yang ada di Jalan Laksda Adisucipto Kota Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris, yaitu pendekatan penelitian hukum menggunakan sumber data dari fakta-fakta yang ada di lapangan. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer yang berasal dari wawancara dengan pemerintah yang diwakilkan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal, penelitian terdahulu dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis. Sementara teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik dan maṣlaḥah mursalah. Pemerintah Kota Yogyakarta telah berupaya menertibkan reklame-reklame yang berada di wilaya Kota Yogyakarta dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan serta ditambah dengan adanya pengawasan dari Pemerintah itu sendiri. Namun hal tersebut belum sepenuhnya membuat reklame-reklame yang berada di wilayah Kota Yogyakarta tertib. Kurang maksimalnya pengawasan serta sosialisasi hukum tentang reklame terhadap masyarakat dari Pemerintah Kota Yogyakarta, menjadikan penegakkan hukum tentang reklame di Kota Yogyakarta menjadi lemah. Ditambah dengan masyarakat yang tidak taat terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta tentang reklame, serta masyarakat sekitar yang cenderung titdak mengetahui dan tidak perduli terhadap permasalahan seputar reklame yang ada. Sehingga dari hal-hal tersebut mendorong terjadinya pelanggaran muatan atau konten yang ditampilkan pada reklame yang ada di Jalan Laksda Adisucipto Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rizal Qosim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Reklame, Peraturan Daerah, Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Kebijakan Publik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Apr 2022 10:34
Last Modified: 20 Apr 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum