PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN POTENSI LOKAL PEMBUATAN SLONDOK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

Fani Rahayu Diananda, NIM. 17106090026 (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN POTENSI LOKAL PEMBUATAN SLONDOK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN POTENSI LOKAL PEMBUATAN SLONDOK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
17106090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERMUATAN POTENSI LOKAL PEMBUATAN SLONDOK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
17106090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul fisika bermuatan potensi lokal pembuatan slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI. (2) mengetahui kualitas modul fisika bermuatan potensi lokal pembuatan slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI menurut ahli media, ahli materi dan guru Fisika SMA/MA. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika bermuatan potensi lokal slondok pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan perangkat yaitu model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahap pengembangan, yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop (pengembangan) pada uji terbatas. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan skala 4 dan analisis data respon siswa menggunakan skala Guttman yaitu dibuat dalam bentuk daftar priksa. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian ini menghasilkan modul fisika bermuatan potensi lokal yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang meliputi analisis peserta didik, materi, dan tujuan pembelajaran di SMA N 5 Magelang. Analisis kebutuhan tersebut ditindaklanjuti dengan pemilihan bahan ajar berupa modul. Kualitas modul fisika bermuatan potensi lokal dinilai baik (B) oleh ahli materi, sangat baik (SB) oleh ahli media, dan sangat baik (SB) oleh guru fisika. Rerata skor yang diperoleh sebagai berikut 3,19; 3,82; dan 3,70. respon peserta didik terhadap modul fisika bermuatan potensi lokal pada uji terbatas memperoleh kriteria setuju (S) dengan perolehan rerata skor 0,96.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ika Kartika, M.Pd.Si. 2. Puspo Rohmi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Potensi Lokal, modul fisika, suhu dan kalor.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:31
Last Modified: 20 Apr 2022 12:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum