PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs

Moh Slamet Sutrimo, NIM. 17106000047 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs)
17106000047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SMP/MTs)
17106000047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-sehari. Literasi numerasi erat kaitannya dengan pengetahuan matematika yang dipelajari dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari Planing (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bilangan berpangkat untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa SMP/MTs telah memenuhi kriteria valid. Hal tersebut didasarkan pada penilaian oleh dua validator ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian menunjukan nilai rata-rata akhir validitas produk sebesar 0,81 dan termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fina Hanifa Hidayati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Literasi Numerasi, Bilangan Berpangkat.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 12:31
Last Modified: 20 Apr 2022 12:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum