OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SMA ISLAM WATULIMO TRENGGALEK JAWA TIMUR

Muhammad Habibur Rohman, NIM. 17104090026 (2022) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SMA ISLAM WATULIMO TRENGGALEK JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SMA ISLAM WATULIMO TRENGGALEK JAWA TIMUR)
17104090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SMA ISLAM WATULIMO TRENGGALEK JAWA TIMUR)
17104090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah lembaga pendidikan memerlukan manajemen pendidikan yang baik antaranya mengenai sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran supaya tercipta tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen sarana prasarana di SMA Islam Watulimo Trenggalek, selanjutnya mendeskripsikan optimalisasi manajemen sarana prasarana pada masa covid-19 di SMA Islam Watulimo Trenggalek, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat optimalisasi manajemen sarana prasarana pada masa new normal covid-19 di SMA Islam Watulimo Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian SMA Islam Watulimo Trenggalek terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana selama masa covid 19. . Penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling. Karena penulis merasa sampel yang diambil paling mengetahui tentang masalah yang akan diteliti oleh penulis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumemasi. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Optimalisasi manajemen sarana prasarana pada masa new normal covid-19 di SMA Islam Watulimo Trenggalek dilakukan dengan beberapa langkah yaitu, pengecekan rutin, pembagian job description dalam hal manajemen, pengadaan Sarana, dan penghapusan Sarana prasarana, untuk memilih penghapusan barang saana atau prasarana di sekolah terdapat cara tersendiri setiap sarana, artinya tidak semua sarana rusak dalam ciri dan waktu yang sama. 2) Faktor pendukung dan penghambat optimalisasi manajemen sarana prasarana pada masa covid-19 adalah guru dan siswa. Sedangkan Faktor menghambatnya adalah 1) kondisi regulasi saat ini belum mampu sepenuhnya mengakomodasi konvergensi sehingga berpotensi menimbulkan tumpang tindih dan ketidakpastian yang dapat berdampak kepada pembebanan biaya tinggi kepada penyelenggara dan masyarakat, (2) keterbatasan sumber daya manusia, (3) keterbatasan dana yang dimiliki sekolah, dan (4) rendahnya kesadarana sebagian guru untuk terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana khususnya perawatan dan koordinasi. (5) Website sekolah belum dikelola secara optimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Heru Sulistya M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: optimalisasi, sarana dan prasarana, pandemi covid 2019
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:10
Last Modified: 20 Apr 2022 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum