MODERNISASI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL MUTA’ALIM PADA MASA KEPEMIMPINAN K.H. MUNTAFIQ DAN PENGARUHNYA DI DUSUN GERITAN TANJUNGHARJO NGARINGAN (1996-2005 M.)

Amad Lutfi Mustofa, NIM.: 16120078 (2022) MODERNISASI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL MUTA’ALIM PADA MASA KEPEMIMPINAN K.H. MUNTAFIQ DAN PENGARUHNYA DI DUSUN GERITAN TANJUNGHARJO NGARINGAN (1996-2005 M.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERNISASI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL MUTA’ALIM PADA MASA KEPEMIMPINAN K.H. MUNTAFIQ DAN PENGARUHNYA DI DUSUN GERITAN TANJUNGHARJO NGARINGAN (1996-2005 M.))
16120078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MODERNISASI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL MUTA’ALIM PADA MASA KEPEMIMPINAN K.H. MUNTAFIQ DAN PENGARUHNYA DI DUSUN GERITAN TANJUNGHARJO NGARINGAN (1996-2005 M.))
16120078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’alim berdiri pada tahun 1972 M di Dusun Geritan Desa Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Pada awal berdirinya, madrasah ini menggunakan sistem salaf. Sistem tersebut kemudian diubah oleh K.H. Muntafiq menjadi madrasah modern dengan boarding school-nya. Penelitian ini menarik karena modernisasi madrasah yang dilakukan oleh K.H. Muntafiq memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan madrasah diniyah dan masyarakat sekitarnya serta setiap santriwajib untuk mengikuti pendidikan kethoriqohan selama satu tahun. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kondisi masyarakat Geritan sebelum era modern dan pada masa setelah terjadinya modernisasi Madrasah Diniyah oleh K.H. Muntafiq, serta pengaruh madrasah diniyah modern terhadap masyarakat Geritan dan santri Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’alim Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi untuk melihat dan mempelajari Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’alim dan pengaruhnya di Dusun Geritan dan sekitarnya, dari berbagai aspek. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Teori Modern dari Walt Whitman Rostow (1960). Ia mengungkapkan bahwa suatu perubahan masyarakat terhadap sistem ekonomi, sosial dan politik hal tersebut dapat dilihat dan diamati dalam banyak hal seperti kebiasaan, bahasa dll. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian sejarah. Adapun metode ini digunakan untuk menggambarkan secara kronologis sejarah modernisasi Madrasah Diniyah serta pengaruhnya di Geritan, Tanjungharjo, Ngaringan, Grobogan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modernisasi Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’alim pada masa kepemimpinan K.H. Muntafiq dari tahun 1996- 2005, memiliki pengaruh. Adapun pengaruh modernisasi terhadap masyarakat yakni masyarakat dan Madrasah Diniyah menjalin interaksi yang semakin intens, masyarakat semakin religius, pendapatan semakin meningkat, meningkatnya kesadaran masyarakat menuntut ilmu, bertambahnya wawasan kesenian dan memodernisasikan madrasah Sedangkan pengaruh modernisasi bagi santri yakni mampu mendirikan lembaga pendidikan, adanya menambahan jumlah santri dan santri semakin religius dengan ditunjang adanya pendidikan thoriqoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Soraya Adnani, M.Si
Uncontrolled Keywords: K.H. Muntafiq, Modernisasi, Madrasah Roudlotul Muta’alim, Pengaruh
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Apr 2022 14:09
Last Modified: 20 Apr 2022 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum