PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN HASIL PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KIMIA UNTUK SMK

Siti Aisyah, NIM. 16670044 (2022) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN HASIL PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KIMIA UNTUK SMK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN HASIL PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KIMIA UNTUK SMK)
_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN HASIL PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KIMIA UNTUK SMK)
16670044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu komoditas yang melimpah di Indonesia yaitu Crude Palm Oil (CPO) yang berasal dari buah kelapa sawit. Namun, CPO di Indonesia lebih banyak diekspor dalam bentuk mentah dibanding bentuk olahan yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan hasil pengolahan Crude Palm Oil (CPO) sebagai sumber belajar kewirausahaan berbasis kimia untuk SMK berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik SMK, dan respon peserta didik SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, tiga pendidik SMK, dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMK. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi tentang kelapa sawit beserta pengolahannya menjadi Crude Palm Oil (CPO), produk hasil pengolahan Crude Palm Oil (CPO) beserta cara pengolahannya sekala laboratorium, keunggulan Crude Palm Oil (CPO), dan materi kewirausahaan berbasis Crude Palm Oil (CPO). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 80,00% dengan kategori Baik (B), dan penilaian produk oleh pendidik SMK mendapatkan persentase 81,73% dengan kategori Sangat Baik (SB). Buku ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Pengolahan Crude Palm Oil (CPO), Sumber Belajar Kewirausahaan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:30
Last Modified: 21 Apr 2022 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum