PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA

Atika Maulul Azmi, NIM. 15410102 (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA)
15410102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI ASRAMA PUTRI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET DILIHAT DARI PERSPEKTIF KONSEP BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA)
15410102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam kehidupan bermasyarakat banyak terjadi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara otomatis berupa tingkah laku dan tutur kata. Kebiasaan tersebut adalah hasil dari proses pendidikan secara tidak langsung, sehingga menjadi kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat.. SMA Muhammadiyah Boarding School Pleret merupakan sekolah yang mengusung program boarding yaitu memadukan pendidikan formal dan pendidikan asrama atau pesantren. Dalam pembelajaran kepesantrenan di asrama, siswa siswi dididik untuk melakukan habits atau kebiasaan keagamaan yang kemudian langsung dibimbing oleh ustadz/ustadzah. Dikorelasikan dengan konsep belajar sosial Albert Bandura yang menjelaskan perilaku manusia dalam konteks interaksi timbal balik yang berkesinambungan antara kognitif, perilaku dan pengaruh lingkungan. Menurut Bandura proses mengamati, meniru perilaku dan sikap orang lain sebagai model merupakan tindakan belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji konsep belajar sosial Albert Bandura, (2) Untuk mengetahui bentuk pendidikan akhlak di lingkungan asrama putri SMA MBS Pleret. (3) Untuk menganalisis penerapan dari konsep belajar sosial Albert Bandura dalam pendidikan akhlak di asrama putri SMA MBS Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil data dari civitas lingkungan asrama putri SMA MBS Pleret terutama dikhususkan santri dan ustadzah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi pendidikan yaitu membahas masalah tingkah laku dan pengalaman seseorang, sehingga mampu diterapkan dalam proses belajar yang membawa dampak perubahan tingkah laku. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan : Penerapan Konsep Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Pendidikan Akhlak di Asrama Putri SMA MBS Pleret dijelaskan dalam 3 poin penting yaitu Pertama, Modelling/peniruan dalam hal ini bentuk penerapan berupa ustadz/zah menjadi public figur santri. Kedua, Hubungan santri dengan lingkungan dalam hal ini bentuk penerapan berupa habits lingkungan santri yang menunjang santri untuk tetap bisa saling menerbar energi positif. Ketiga, Hasil pembelajaran berupa perilaku visual dan verbal bentuk penerapan berupa buku mutabaah yaitu sebagai sarana mengetahui perkembangan siswa dalam mempraktikan ilmu yang sudah disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar Sosial, Pendidikan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:30
Last Modified: 21 Apr 2022 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum