KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN TIK DENGAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA

Shobiroh Ulfa Kurniyawati, NIM . 20204081020 (2022) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN TIK DENGAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN TIK DENGAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA)
20204081020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN TIK DENGAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA)
20204081020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis siswa MIN 1 Sleman. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai UTS kelas tiga yang masih dibawah nilai ketuntasan minimal. Selain itu, belum semua guru menerapkan model pembelajaran yang dapat menuntut siswa agar aktif dan dapat termotivasi saat mengikuti pembelajaran. Banyaknya kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan kurangnya media pembelajaran terkait mata pelajaran matematika merupakan hal yang dapat menghambat tumbuhnya motivasi belajar dan kemampuan siswa untuk dapat berpikir secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan TIK dengan model pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 1 Sleman dengan jumlah 354 siswa dan sampel 59 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa skala motivasi, lembar observasi dan lembar soal tes berpikir logis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dan Multivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan TIK di kelas eksperimen dan implementasi model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol berjalan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditentukan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2). Hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan uji t pada skala motivasi belajar dengan tingkat signifikan 0,05, diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00. Nilai sig.(2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata skor motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan TIK lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (3). Hasil uji hipotesis kedua dengan menggunakan uji t pada tes berpikir logis dengan tingkat signifikan 0,05, diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00. Nilai sig.(2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata skor tes berpikir logis yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan TIK lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (4). Hasil uji hipotesis ketiga dengan menggunakan uji multivariate pada skala motivasi belajar dan tes berpikir logis dengan tingkat signifikan 0,05, diperoleh nilai signifikansi 0,00 pada skala motivasi dan diperoleh nilai signifikansi 0,00 pada tes kemampuan berpikir logis. Nilai signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata skor motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take vii and give berbantuan TIK lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil uji t dan uji multivariate pada uji hipotesis pertama sampai uji hipotesis ketiga, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan TIK lebih efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Impact dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dengan berbantuan alat TIK di mana model pembelajaran yang diterapkani belum pernah diterapkan pada penelitian- penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing :
Uncontrolled Keywords: Berpikir logis, Motivasi, Take and Give.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:29
Last Modified: 21 Apr 2022 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum