PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMUDI PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI DARAT BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI PO SUMBER ALAM PURWOREJO)

Fahron Maskub Rifai, NIM. 17103040068 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMUDI PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI DARAT BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI PO SUMBER ALAM PURWOREJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMUDI PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI DARAT BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI PO SUMBER ALAM PURWOREJO))
17103040068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMUDI PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI DARAT BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI PO SUMBER ALAM PURWOREJO))
17103040068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

PO Sumber Alam merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi bus yang terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. PO Sumber Alam sendiri sudah melaksanakan ketentuan dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Berdasarkan penelitian di lapangan yang dilakukan di PO Sumber Alam hak yang diperoleh seorang pengemudi adalah hak mengenai peningkatan kompetensi kerja, waktu istirahat dan cuti, keselamatan kerja, serikat buruh dan mogok kerja. Adapun hak yang tidak terpenuhi yaitu mengenai perlindungan kesejahteraan dengan pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan atau jaminan kesehatan. Dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, penulis melihat bagaimana suatu hukum berlaku atau berjalan di masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan pihak yang berkaitan seperti manajemen perusahaan, pengemudi dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo. Data primer dalam penelitian ini adalah manajemen perusahaan, pengemudi, dan dinas tenaga kerja dan dengan didukung data pendukung seperti dokumen-dokumen hukum. Perlindungan hukum bagi hak pengemudi memang tercantum jelas di UU Ketenagakerjaan namun pada kenyataannya masih belum sepenuhnya hak-hak yang terdapat dalam Undang-undang dipenuhi oleh perusahaan seperti perlindungan terhadap kesejahteraan pengemudi yaitu dalam hal kesehatan, sebagian besar pengemudi belum diikutsertakan dalam jaminan sosial kesehatan atau BPJS dikarenakan ketentuan oleh perusahaan yang mensyaratkan loyalitas dalam hal pemberian jaminan sosial. Hal ini seharusnya menjadi perhatian bersama agar kesejahteraan pekerja dapat terlindungi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, ketenagakerjaan, hubungan industri
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Apr 2022 12:37
Last Modified: 22 Apr 2022 12:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum