PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF DAN KEMUDAHAN INVESTASI DI KABUPATEN MALANG PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Faza ‘Ainun Najah, NIM.18103070032 (2022) PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF DAN KEMUDAHAN INVESTASI DI KABUPATEN MALANG PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF DAN KEMUDAHAN INVESTASI DI KABUPATEN MALANG PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF DAN KEMUDAHAN INVESTASI DI KABUPATEN MALANG PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemerintah Daerah Kabupaten Malang telah mengeluarkan kebijakan dalam bentuk Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi. Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Malang dalam mewujudkan perekonomian yang produktif serta menciptakan lapangan kerja yang dapat mensejahterakan masyarakat. Mengingat kabupaten Malang mempunyai motto yaitu “Satata Gama Karta Rahardja” yang artinya menata semua untuk kesejahteraan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala dalam pemberian insentif dan kemudahan investasi. Adanya kendala ini menjadi catatan dan dukungan pengaturan yang lebih baik ke depannya sehingga pemberian dapat lebih produktif dan menciptakan lapangan pekerjaan yang luas guna mengentaskan pengangguran dan kemiskinan sehingga kesejahteraan masyarakat terjamin. Dalam penelitian ini, penyusun mengkaji terkait bagaimana pelaksanaan kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Kabupaten Malang serta bagaimana maslahah mursalah memandang kebijakan tersebut. Dalam melakukan penelitian, penyusun menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data melalui wawancara kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan normatif. Teknis analisis data yang digunakan berupa sumber data yang menggunakan sumber data primer yang berupa Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2019 dan juga data sekunder yang meliputi buku-buku dan literatur lainnya yang membahas tentang kebijakan publik dan kemaslahatan dalam perspektif hukum Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik yang digunakan untuk menganalisis proses pembentukan kebijakan serta pelaksanaannya. Dan teori maslahah mursalah yang digunakan untuk menganalisis kemaslahatan dari kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang terkait pemberian insentif dan kemudahan investasi terhadap masyarakat. Hasil penelitian ini adalah bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah dan menciptakan lapangan pekerjaan di Kabupaten Malang. Pokok kajian dalam kebijakan ini masuk dalam kategori maslahah dharuriyat mengingat Kabupaten Malang memiliki potensi maupun peluang investasi yang baik untuk dikelola, sedangkan belum ada peraturan hukum untuk menjamin kepastian hak investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mohammad Tamtowi, M Ag.
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Investasi, Maslahah mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Apr 2022 15:22
Last Modified: 22 Apr 2022 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum