STRATEGI TINDAK TUTUR PIDATO MAHMOUD ABBAS PADA SIDANG MAJELIS UMUM PBB KE-67 TAHUN 2012 (KAJIAN PRAGMATIK JOHN ROGERS SEARLE)

Muhammad Bachrul Ulum, NIM.: 20201011003 (2022) STRATEGI TINDAK TUTUR PIDATO MAHMOUD ABBAS PADA SIDANG MAJELIS UMUM PBB KE-67 TAHUN 2012 (KAJIAN PRAGMATIK JOHN ROGERS SEARLE). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI TINDAK TUTUR PIDATO MAHMOUD ABBAS PADA SIDANG MAJELIS UMUM PBB KE-67 TAHUN 2012 (KAJIAN PRAGMATIK JOHN ROGERS SEARLE))
20201011003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI TINDAK TUTUR PIDATO MAHMOUD ABBAS PADA SIDANG MAJELIS UMUM PBB KE-67 TAHUN 2012 (KAJIAN PRAGMATIK JOHN ROGERS SEARLE))
20201011003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pidato Mahmoud Abbas selaku Presiden Palestina yang disampaikan dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-67 tahun 2012. Peneliti berasumsi, pidato Mahmoud Abbas saat itu merupakan salah satu faktor yang berperan penting di balik banyaknya dukungan terhadap Palestina pasca pidato tersebut disampaikan. Hal ini dikarenakan pidato seorang Presiden yang disampaikan dalam Sidang Umum PBB akan dipersiapkan dengan baik, dengan memperhatikan seluruh elemen yang ada dalam persidangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan Teori Tindak Tutur John Rogers Searle. Dengan menggunakan teori tersebut, peneliti bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait unsur linguistik dan ekstralinguistik yang terletak pada pidato tersebut, untuk kemudian dianalisis kembali dengan tujuan memperoleh susunan strategi yang digunakan Mahmoud Abbas dalam pidato tersebut. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari 18 data tuturan persuasif Mahmoud Abbas, 7 diantaranya merupakan ilokusi direktif yang berisi permintaan Abbas kepada PBB untuk segera menerbitkan resolusi baru, serta permintaan Abbas kepada dunia untuk mendukung langkah Palestina serta menekana Israel. 6 lainnya merupakan ilokusi komisif yang berisi janji Abbas atas langkah-langkah yang akan Palestina tempuh, serta harapan atas apa yang idealnya terjadi antara kedua bangsa di masa depan. 3 lainnya merupakan ilokusi asertif yang berisi pernyataan prinsip Palestina yang teguh pada orientasi damai, serta jawaban Abbas mengenai tuduhan yang disasarkan Israel pada Palestina. serta 2 sisanya merupakan ilokusi ekspresif yang berisi ungkapan apresiasi Abbas kepada para pemimpin dunia, serta kekecewaan Abbas terhadap keberpihakan kepada tindakan kolonialisme yang dilakukan Israel. Dalam ilokusi tersebut, untuk mendapatkan simpati dunia Abbas tidak hanya menggunakan strategi bertahan dengan prinsip perdamaiannya, namun juga melakukan penyerangan kepada Israel melalui tuturan-tuturannya yang membawa Israel pada posisi yang kurang menguntungkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pidato, Strategi, Ilokusi, Sidang Majelis Umum PBB, Mahmoud Abbas.
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 15:13
Last Modified: 22 Apr 2022 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum