PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING

Shania Nanya Putri, NIM. 17106060041 (2022) PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING ()
17106060041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI BERAS BPNT MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING ()
17106060041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan distribusi dan transportasi yang baik adalah hal yang sangat penting supaya produk dapat sampai ke tangan konsumen dengan tepat waktu, tepat pada tempat yang telah ditentukan, dan produk tersebut tetap dalam kondisi yang baik. Sama halnya dengan perusahaan BULOG Kanwil Bali sebagai perusahaan yang bergerak di bidang logistik selalu ingin melakukan yang terbaik untuk konsumennya. Pendistribusian beras BPNT untuk wilayah seluruh Bali dikatakan belum optimal dikarenakan rute distribusi beras ditentukan oleh sopir sehingga belum ada rute yang tetap untuk pengiriman beras BPNT sehingga mempengaruhi jarak dan biaya distribusi. Permasalahan ditribusi yang dialami oleh BULOG Kanwil Bali yaitu termasuk dalam permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yaitu merupakan varian dari VRP yang memperhitungkan kendala kapasitas kendaraan untuk memenuhi permintaan konsumen. Penyelesaian permasalahan CVRP ini dapat menggunakan metode eksak dengan menggunakan Integer Linear Programming (ILP) yang diharapkan dapat meminimalkan jarak distribusi dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hasil pengolahan data dengan menggunakan metode ILP menghasilkan jarak sebesar 6327 km atau bisa dikatakan mengalami penghematan jarak tempuh sebesar 23.65% dan biaya distribusi sebesar Rp. 51,405,549 atau penghematan biaya distribusi sebesar 9.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina K., S.T., M.Eng., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Integer Linear Programming
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Apr 2022 14:39
Last Modified: 25 Apr 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum