DISKRIMINASI CITRA FLUORESENSI KULIT BABI DAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED TERKOMBINASI DEEP LEARNING

Fathin Musthafa Habiburrahman, NIM. 17106020020 (2022) DISKRIMINASI CITRA FLUORESENSI KULIT BABI DAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED TERKOMBINASI DEEP LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKRIMINASI CITRA FLUORESENSI KULIT BABI DAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED TERKOMBINASI DEEP LEARNING)
17106020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DISKRIMINASI CITRA FLUORESENSI KULIT BABI DAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED TERKOMBINASI DEEP LEARNING)
17106020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan kulit babi dalam produk kerajinan kulit serta rumitnya metode uji FTIR sehingga memerlukan tenaga profesional khusus untuk mengoperasikannya dan mahalnya biaya pengujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengakuisisi dan mendiskriminasi citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi menggunakan fluorescence imaging system berbasis high power UV-LED terkombinasi deep learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan, yaitu pengambilan dan pengolahan data. Pengambilan data dilakukan dengan mengakuisisi citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi menggunakan fluorescence imaging system berbasis high power UV-LED terhadap 50 potong sampel kulit babi dan kulit sapi sebagai data latih dan 10 potong sampel kulit babi dan kulit sapi sebagai data uji dengan ukuran 5 x 5 cm hingga didapatkan 100 citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi sebagai data latih dan 10 citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi sebagai data uji. Pengolahan data dilakukan dengan melatih dan memvalidasi 100 data latih citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi menggunakan algoritma CNN hingga didapatkan model latih, kemudian menguji model latih untuk mendiskriminasi 10 data uji citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi dengan mengklasifikasikan sesuai kelasnya, lalu menghitung nilai akurasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra fluoresensi kulit babi dan kulit sapi telah berhasil diakuisisi menggunakan fluorescence imaging system berbasis high power UV-LED dan didiskriminasi menggunakan deep learning beralgoritma CNN dengan akurasi yang sangat baik yakni 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Frida Agung Rakhmadi, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: fluorescence imaging system, high power UV-LED, kulit babi, kulit sapi, fluoeresensi, citra fluoresensi, dan deep learning
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Apr 2022 14:39
Last Modified: 25 Apr 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum