PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI DUSUN KARANGPLOSO, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

Muhammad Yudha S.W, NIM. 16720033 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI DUSUN KARANGPLOSO, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI DUSUN KARANGPLOSO, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
16720033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI DUSUN KARANGPLOSO, DESA SITIMULYO, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
16720033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota besar yang masih berjuang mengatasi permasalahan sampah. Besarnya sampah yang dihasilkan tidak setara dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang disediakan. Perlu adanya upaya pengelolaan sampah dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, salah satunya melalui Bank Sampah Sido Resik yang berada di Dusun Karangploso. Kurangnya kesadaran masyarakat Dusun Karangploso terhadap pengelolaan sampah berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) menjadi awal terbentuknya Bank Sampah Sido Resik. Bank Sampah ini juga melakukan pemberdayaan masyarakat Dusun Karangploso melalui berbagai program Bank Sampah Sido Resik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan bank sampah di Dusun Karangploso. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Pemberdayaan. Pemberdayaan merupakan upaya untuk mendorong, memotivasi dan meningkatkan kesadaran atas potensi yang dimiliki individu maupun kelompok untuk mencapai perubahan yang lebih baik dan sesuai target yang diinginkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan strategi penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mulai dari mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan bank sampah di Dusun Karangploso, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul yaitu: Pertama, masyarakat Dusun Karangploso ikut berkomunikasi untuk menggali potensi dan kemampuan masyarakat, sekaligus melihat permasalahan lingkungan sekitar. Sehingga muncul ide pembentukan Bank Sampah Sido Resik yang bertujuan untuk mengelola sampah menjadi bernilai ekonomi kepada masyarakat Dusun Karangploso. Kedua, masyarakat Dusun Karangploso dan Bank Sampah Sido Resik menerapkan pemberdayaan meliputi pengelolaan sampah organik dan anorganik serta keikutsertaan masyarakat Dusun Karangploso dalam mengelola sampah di Bank Sampah Sido Resik. Ketiga, terdapat kegiatan pemberdayaan masyarakat Dusun Karangploso melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Sido Resik meliputi sosialisasi kepada masyarakat, pembentukan struktur organisasi Bank sampah, pelatihan cara kerja bank sampah, pendirian bank sampah, pelayanan tabungan sampah, pendampingan, pembinaan dan evaluasi terhadap program kegiatan bank sampah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulistyaningsih, S. Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Pemberdayaan, Pengelolaan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Apr 2022 11:58
Last Modified: 26 Apr 2022 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum