AGAMA, NASIONALISME DAN PERDAMAIAN PADA FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA (Analisis Semiologi Ferdinand de Saussure)

Dewi Retno Sari, NIM. 17105020057 (2022) AGAMA, NASIONALISME DAN PERDAMAIAN PADA FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA (Analisis Semiologi Ferdinand de Saussure). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGAMA, NASIONALISME DAN PERDAMAIAN PADA FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA (Analisis Semiologi Ferdinand de Saussure))
17105020057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AGAMA, NASIONALISME DAN PERDAMAIAN PADA FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA (Analisis Semiologi Ferdinand de Saussure))
17105020057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Agama dan nasionalisme seringkali dianggap sebagai dua hal yang saling bertolak belakang. Tak jarang juga pemahaman fanatik dari keduanya (agama dan nasionalisme) justru menciptakan permusuhan hingga peperangan. Padahal, seharusnya agama dan nasionalisme adalah dua hal yang mestiya membaur dan saling mendukung dalam upaya mengentaskan permusuhan serta mewujudkan perdamaian. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengkaji mengenai Agama, Nasionalisme dan Perdamaian pada film animasi Battle of Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penanda dan petanda serta makna dan pesan yang terkandung dalam film animasi Battle of Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis data literer. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan semiologi Ferdinand de Saussure yang membahas mengenai penanda (signifier) dan petanda (signified) dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Analisis tersebut penulis lakukan setelah melakukan pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dengan cara mengumpulkan data-data berupa scene-scene pada film animasi Battle of Surabaya, catatan penting, rekaman, video-video wawancara maupun berita-berita yang relevan dengan tema yang penulis teliti. Hasil dari penelitian ini ialah pertama, penanda (signifier) pada film animasi Battle of Surbaya adalah berupa dialog, monolog, interaksi yang dilakukan oleh para tokoh maupun berbagai objek yang terdapat pada film ini. Kedua, petanda (signified) pada film animasi Battle of Surabaya cukup beragam. Mulai dari gambaran ritual keagamaan dari beberapa agama, ajaran atau dokrin, simbol-simbol agama, cinta tanah air, melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia hingga membangun perdamaian diatas perbedaan. Ketiga, makna dan pesan pada film animasi Battle of Surabaya adalah bahwa nilai-nilai atau ajaran agama dan nasonalsime merupakan dua hal yang saling mendukung dalam terwujudnya perdamaian. Permusuhan dan peperangan hanyalah akan menimbulkan kerugian untuk semua pihak. Karena pada dasarnya tidak akan pernah ada kemenangan dalam perang sebagaimana tagline utama pada film animasi Battle of Surabaya: “There is No Glory in War!”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Film, Semiologi, Perdamaian
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2022 13:17
Last Modified: 27 Apr 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum