PERUBAHAN SIKAP RELIGIUSITAS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Nadia Nur Zaizah, NIM: 17105040031 (2022) PERUBAHAN SIKAP RELIGIUSITAS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SIKAP RELIGIUSITAS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17105040031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SIKAP RELIGIUSITAS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17105040031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah untuk membuktikan perubahan sikap religiusitas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang terjadi sebelum dan setelah mereka menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, secara spesifik penelitian ini ingin membuktikan bahwa perubahan sikap religiusitas mahasiswa dapat berjalan dua arah yaitu positif dan negatif yang semuanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Secara tidak langsung dalam penelitian ini berusaha untuk mengali citra mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang selama ini digambarkan sebagai mahasiswa yang mempelajari ajaran Islam yang mendalam dan berpengaruh terhadap sikapnya, sebagaimana yang terdapat pada hasil penelitian dari Rahmat Irda Praja dengan judul “dominasi simbolik membentuk citra Islami”. Oleh sebab itu pada penelitian ini peneliti menggunakan rumusan masalah yang pertama Bagaimanakah sikap religius mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?, kedua Apakah terdapat faktor yang mempengaruhi perubahan sikap religiusitas pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? Kerangka teori yang digunakan adalah teori religiusitas Glock dan Stark membagi lima dimensi dalam religiusitas yaitu dimensi ideologis, dimensi ritualis, dimensi eksperensial, dimensi intelektual dan dimensi konsekuensial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga data yang dihasilkan akan berupa narasi, ucapan, dan pola perilaku informan yang dijadikan sampel penelitian. Kemudian dengan pendekatan psiko-sosiologi yang berfokus kepada perubahan sikap religiusitas, penelitian ini akan berusaha untuk mengamati secara lebih mendalam mengenai keterkaitan antara kondisi kejiwaan mahasiswa dengan perubahan skap religiusitasnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yaitu reduksi data (mengkategorikan data), pemaparan atau penyaian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perubahan sikap religiusitas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terjadi dalam dua arah yaitu positif dan negatif. Perubahan positif ditunjukkan dengan bertambahnya wawasan serta motivasi untuk meningkatkan kualitas diri, dan perubahan kearah negatif tidak ada keterkaitannya dengan menurunnya keyakinan mereka, lebih disebabkan karena keadaan pribadi mahasiswa. Kemudian terdapat lima faktor yang mempengaruhi perubahan sikap religiusitas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu interaksi sosial: bagaimana mahasiswa menjalin hubungan yang saling mempengaruhi, pembiasaan: kecenderungan mahasiswa untuk melakukan sebuah tindakan, pengawasa: kontrol yang diberikan oleh pihak diluar diri mahasiswa untuk senantiasa mengerjakan kebaikan, pengetahuan: perkembangan wawasan yang disebabkan oleh berbagai input informasi, dan lingkungan: tempat dimana mahasiswa menjalani kehidupan mereka setiap hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nur Afni Khafsoh, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sikap, Religiusi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2022 13:17
Last Modified: 27 Apr 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum