MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Muh Nasir, NIM.: 15490100 (2022) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15490100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15490100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui permasalahan yang ada di sekolah, yaitu seorang guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar 4 rombel di kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripitif yang berlatar belakang SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Serta teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar terdiri dari pengendalian tingkah laku, pengaturan kedisiplinan, pengaturan minat /perhatian, dan pengaturan dinamika kelompok. (2) pendekatan manajemen kelas terdiri dari pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, dan pendekatan kerja kelompok. (3) faktor pendukung terdiri dari peran orang tua yang mendukung, antusias siswa yang tinngi, terjaganya kebersihan kelas, sarana kelas yang memadai, penerangan dan ventilasi yang cukup. Kemudian faktor penghambat manajemen kelas terdiri dari pengetahuan guru terhadap perilaku siswa yang kurang, siswa ramai, dan media yang minim. Pembelajaran di kelas setelah diterapkan manajemen kelas adanya kenaikan keaktifan siswa mencapai kurang lebih 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas; guru; pembelajaran; keaktifan belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Apr 2022 13:38
Last Modified: 27 Apr 2022 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum